Benarkah Ibu Hamil Tak Boleh Makan Pedas?

Kehamilan adalah salah satu momen kehidupan paling membahagiakan bagi pasangan suami istri. Buah hati yang sudah dinantikan akhirnya akan segera hadir mewarnai kehidupan dalam keluarga kecil. Usai melakukan cek darah dan cek up kesehatan lainnya, para calon ibu tentu mulai lebih rajin menjaga kesehatan dan mencari informasi tentang perkembangan janin. Tak jarang calon ibu merasa tersiksa karena harus membatasi konsumsi makanan favorit saat hamil. Terutama calon ibu yang sangat menggemari makanan bercitarasa pedas.

Jadi, apakah mengonsumsi makanan pedas memang tak baik bagi ibu hamil?

Manfaat Konsumsi Makanan Pedas

Konsumsi makanan pedas yang terbuat dari cabai ternyata dapat membantu memenuhi asupan vitamin C bagi kebutuhan tubuh. Vitamin C akan membuat tubuh menjadi lebih tahan terhadap serangan penyakit sehingga Anda pun jadi tak mudah sakit.

Selain itu, konsumsi makanan pedas biasanya juga dapat meningkatkan nafsu makan. Bagi orang-orang yang menggemari rasa pedas, memadukan cita rasa pedas dengan aneka rasa lainnya akan membuat kegiatan makan jadi terasa lebih nikmat. Tak hanya bisa memperoleh manfaat capsaicin dari cabai saja, Anda juga bisa memperoleh manfaat pedas lain dari ragam rempah seperti lada hitam, kayumanis, jahe, dan ginseng.

Bagaimana Pengaruh Rasa Pedas Terhadap Kesehatan Ibu Hamil?

Sebenarnya ibu hamil tidak dilarang untuk mengonsumsi makanan pedas, selama makanan pedas tersebut tidak membuat ibu hamil mengalami heartburn (rasa perih di ulu hati), sakit perut, atau diare. Para ibu yang mengalami morning sickness (mual dan muntah di pagi hari) sebaiknya juga tidak disarankan mengonsumsi makanan pedas. Karena, ternyata makanan pedas bisa membuat ibu hamil yang sensitif dengan rempah-rempah tertentu mengalami morning sickness yang lebih parah.

Meskipun tidak dilarang untuk mengonsumsi makanan pedas, aturan dalam mengonsumsi makanan pedas tersebut tetap harus dipatuhi oleh ibu hamil. Jangan sampai ibu hamil mengonsumsi makanan pedas yang dipadukan dengan hidangan daging setengah matang atau ikan mentah.

Kegemaran mengonsumsi makanan pedas saat hamil harus dibatasi supaya tak menimbulkan heartburn. Supaya heartburn tidak berlarut-larut setelah mengonsumsi makanan pedas, ibu hamil bisa meminum segelas susu untuk menetralkan asam lambung. Selebihnya, konsumsi makanan pedas bisa dikonsultasikan dengan tim medis sembari melakukan cek up kesehatan selama masa kehamilan.

Mari siapkan diri Anda untuk menjadi orang tua yang siaga dengan kesehatan diri sendiri dan buah hati. Perkaya pengetahuan Anda dengan aneka informasi terbaru seputar kondisi kesehatan selama masa hamil.

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.