Tips Ampuh Mendapatkan Pinjaman Modal Usaha

Mengembangkan usaha berskala kecil atau menengah kadang bukanlah hal yang mudah. Selain harus memiliki manajemen keuangan yang baik sejak awal, ketersediaan modal selalu menjadi persoalan utama bagi bisnis yang ingin berkembang menjadi lebih besar lagi. Berbeda dengan usaha berskala besar yang biasanya mudah mendapatkan pinjaman modal dari bank, usaha berskala menengah dan kecil rata-rata sulit mendapatkan pinjaman. Mengembangkan usaha tanpa modal pribadi sangat mungkin dilakukan, asalkan Anda tahu cara untuk mendapatkan pinjaman modal. Jika Anda termasuk salah satu orang yang ingin mengembangkan usaha kecil dan menengah, berikut beberapa tips untuk mendapatkan pinjaman modal yang cukup.

Perputaran Uang yang Baik

Dalam memberikan pinjaman modal, sang kreditur akan sangat memperhatikan perputaran uang pada usaha yang sedang Anda jalankan. Perputaran uang yang sehat adalah jaminan pertama bagi kreditur akan kemampuan Anda untuk membayar hutang. Tunjukkan dengan jelas bahwa usaha Anda telah memiliki perputaran uang yang baik.

Mampu Mengatur Hutang

Tidak jarang saat Anda membutuhkan tambahan pinjaman modal, Anda masih memiliki pinjaman lain yang harus dilunasi. Hal ini tidak menjadi masalah selama Anda mampu menunjukkan bahwa Anda masih mampu membayar hutang—termasuk yang sedang Anda ajukan—dengan baik dan lancar.

Memiliki Catatan Pembayaran Hutang yang Baik

Track record perusahaan Anda dalam membayar hutang selama ini akan menjadi pertimbangan yang tidak kalah pentingnya. Jika Anda selalu membayar hutang tepat waktu dan teratur, kreditur akan mendapatkan impresi positif dan sangat mungkin untuk memberi pinjaman pada Anda.

Mampu Menghadapi Tantangan

Pemberi pinjaman modal selalu ingin tahu prospek usaha Anda kedepannya. Berikan rancangan bisnis Anda menyangkut modal yang akan Anda pinjam. Ditambah dengan manajemen keuangan yang baik, kreditur bisa diyakinkan bahwa pinjamannya akan bisa dilunasi.

Meski mengajukan permohonan pinjaman modal tidak semudah membalikkan telapak tangan, namun saran-saran di atas akan sangat berguna bagi Anda. Bagaimanapun juga, jika Anda telah terbiasa menerapkan manajemen keuangan yang baik, niscaya pengajuan pinjaman modal yang Anda lakukan akan berhasil dengan baik. Pada akhirnya, perkembangan usaha ke level yang lebih tinggi bisa dicapai.

Sources: ● articles.bplans.com/5-keys-for-small-businesses-to-get-financing/ ● smallbusiness.chron.com/definition-business-loans-1902.html

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.