Cara Sederhana Menyusun Perencanaan Keuangan Pribadi

Menyusun perencanaan keuangan memanglah sangat sulit dilakukan bagi kita yang belum terbiasa untuk melakukannya. Tapi jika kita sudah terbiasa dengan kebiasaan tersebut, menyusun keuangan akan menjadi pekerjaan paling mudah. Untuk memulai belajar mengatur perencanaan keuangan pribadi, tidaklah harus terlalu ribet dan detail seperti keuangan perusahaan. Namun untuk pemula lakukan pada hal-hal kecil terlebih dahulu.

Hal yang pertama kali harus dilakukan adalah, hitunglah pendapatan Anda terlebih dahulu. Jumlahkan semua pemasukan yang Anda terima seperti gaji tiap bulan dan semua property yang Anda sewakan jika ada. Kemudian, tulis pengeluaran rutin Anda setiap bulan. Tulislah secara detail pengleluaran yang Anda lakukan baik secara cash atau menggunakan kartu kredit. Angan lupa untuk mengelompokkan pengeluaran tersebut menjadi 3 bagian, yaitu bagian rutin tetap,rutin tidak tetap, dan tidak rutin.

Setelah catatan tersebut selesai, lihat kembali apakah pengeluaran yang Anda lakukan lebih besar daripada pendapatan Anda setiap bulan? Jika iya, maka kurangilah pengeluaran tersebut. Hapuslah beberapa pengeluaran yang sekiranya tida penting dan dapat ditundah. Jangan lupa untuk menyisahkan beberapa pendapatan untuk dimasukkan ke dalam tabungan.

Nah cara sederhana diatas bisa dijadikan referensi Anda untuk melakukan perencanaan keuangan pribadi. Melakukan perencaan dengan baik dan detail akan membantu Anda nantinya jika ada keperluan mendesak dan tiba-tiba. Jadi Anda tidak perlu berhutang kesana kemari untuk memenuhinya.

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.