Mengenal French Press (Pembuat Kopi)

French press atau yang biasa dikenal dengan sebutan cafetiere merupakan alat pembuat kopi manual berbahan dasar stainless steel atau kaca, dilengkapi dengan tutup serta pendorong. Pada bagian pendorongnya atau yang biasa disebut dengan plunger terdapat lubang yang berfungsi untuk mengalirkan air dari kopi yang anda tekan. Meskipun penggunaannya begitu mudah, namun kopi yang digunakan harus sedikit kasar (kopi giling) agar kopi tidak ikut keluar melalui jaringan plunger tersebut. suhu air yang anda gunakan juga sebaiknya berkisar antara 90-96 Celcius sesuai tipe kopi yang anda gunakan untuk menghasilkan citarasa seperti sedang di kedai kopi Jakarta.

Cara membuat kopi dengan citarasa kedai kopi daerah Jakarta menggunakan french press antara lain :

  1. Giling biji kopi hingga agak halus. Kemudian masak air panas. Masukkan gilingan kopi yang sudah anda siapkan ke dalam french press.
  2. Tambahkan air panas yang sudah didiamkan selama 1 menit. Aduk perlahan menggunakan sendok kayu atau plastik.
  3. Diamkan selama 4 menit kemudian tekan plunger secara perlahan hingga ke dasar.
  4. Tuang kopi ke dalam cangkir dan hidangkan.

Mudahnya menggunakan alat pembuat kopi yang satu ini menjadikannya banyak diincar oleh masyarakat yang ingin menghadirkan suasana minum kopi seperti di kedai kopi Jakarta dan kota lainnya di rumah sendiri. Selain itu, kepopuleran french press juga dipengaruhi karena harganya yang terjangkau, kualitasnya cukup baik, serta tentunya tidak membutuhkan pengetahuan maupun pengalaman khusus untuk menggunakannya.

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.