Melihat Megahnya Graha Pena Makassar

Jika berkunjung ke Sulawesi Selatan tepatnya di kota Makassar, tak ada salahnya berkunjung ke gedung Graha Pena Makassar. Gedung tinggi yang dijadikan perkantoran di pusat kota Makassar ini sudah menjadi ikon kota selain pantai Losari atau lapangan Karebosi.

Tak terlalu sulit menemukan gedung yang terletak di Jalan Urip Sumoharjo, kota Makassar Sulawesi Selatan ini. Gedung yang tingginya mencapai 100 meter tersebut terlihat megah di antara langit kota Makassar dengan warna cerah biru langit. Di puncaknya terlihat tower yang makin menambah keanggunan gedung pencakar langit yang mulai digunakan pada tahun 2007 lalu.

Gedung Graha Pena Makassar dijadikan tempat perkantoran oleh perusahaan-perusahaan ternama di kota yang menjadi kandang klub sepakbola PSM Makassar ini. Gedung ini terdiri lebih dari 20 lantai yang berdiri megah di lahan seluas 1200 hektar. Gedung ini menjadi pusat ekonomi di luar pulau Jawa, terutama di wilayah Indonesia bagian timur.

Tak main-main, gedung Graha Pena Makassar juga termasuk dalam jajaran gedung tertinggi di kota Makassar. Gedung ini tercatat sebagai gedung tertinggi nomor 5 di Makassar setelah Menara Phinisi, Monumen Mandala, Menara Bosowa dan Kalla Tower.

Banyak perusahaan-perusahaan besar yang berkantor di gedung ini. Mulai dari perusahaan kontraktor, perminyakan, media, jasa dan keuangan. Ada pula beberapa organisasi dan perusahaan internasional yang menempati gedung ini seperti USAID, Hellen Keller dan RTI International. Oleh sebab itu, gedung Graha Pena bisa disebut sebagai pusat ekonomi di Makassar dan Indonesia timur.

Desain arsitektur dari gedung ini kurang lebih sama dengan gedung bernama sama yang berada di kota Pahlawan Surabaya. Seperti Graha Pena Surabaya yang dijadikan pusat kantor dari perusahaan media Jawa Pos Group, gedung Graha Pena Makassar juga digunakan sebagai kantor jaringan media Jawa Pos di Makassar yaitu surat kabar Fajar.

Jika berkunjung ke Makassar, tak ada salahnya untuk mengunjungi gedung pencakar langit ini untuk sekedar menikmati pemandangan kota Makassar dari ketinggian atau juga bisa untuk keperluan bisnis. Graha Pena Makassar akan adalah tempat yang mesti didatangi untuk membuat kunjungan anda ke Makassar semakin mengesankan.

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.