Cara Melakukan Energy Efficiency di Perusahaan

Listrik merupakan suatu kebutuhan utama bagi suatu perusahaan. Dari waktu ke waktu, kebutuhan listrik selalu bertambah. Sayangnya kenaikan kebutuhan ini tidak selalu sebanding dengan sumber daya yang semakin lama semakin menipis. Karena itulah, sekarang ini sering digencarkan gerakan untuk melakukan energy efficiency di perusahaan-perusahaan, karena merekalah yang menggunakan daya listrik paling banyak.

Bagaimana para perusahaan dapat melakukan efisiensi energi? Cara yang dapat dilakukan adalah:

  1. Peninjauan ulang arsitektur dan sistem

Penggunaan beban listrik untuk pendingin ruangan di perusahaan bisa mencapai 60%. Hal ini terjadi karena arsitektur dari gedung yang tidak selalu mendukung efisiensi peralatan tersebut dan membuatnya bekerja lebih keras, mengkonsumsi lebih banyak energi. Sistem refrigerant yang tidak efektif juga berdampak pada penggunaan daya listrik yang bertambah.

  1. Perbaikan pada prosedur operasional

Matikan lampu dan peralatan elektronik saat tidak dibutuhkan. Bisa dilakukan dengan cara memberi penyuluhan kepada pengguna gedung atau memberikan sensor agar peralatan otomatis padam setelah jam kerja.

  1. Memasang penghemat listrik

Peralatan listrik sekarang biasanya sudah disertai dengan penghemat listrik, meski harganya lebih mahal. Namun penghematan yang dilakukan bisa mengganti biaya awal.

Agar energy efficiency bisa berjalan dengan lebih baik lagi, selain cara di atas, maka perusahaan dan industri bisa memanfaatkan jasa penghematan energi dari PT Sumberdaya Sewatama, yang akan membereskan berbagai masalah mengenai kelistrikan dan daya dan memberikan solusi optimal bagi perusahaan yang sedang membutuhkan optimisasi bagi penggunaan daya listrik untuk beroperasi.

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.