Ciri-Ciri Hewan Kurban
Idul adha adalah salah satu momen di mana pada masa nabi ibrahim terdapat peristiwa penting untuk membuktikan imannya kepada allah s.w.t, yang tidak pernah lepas dengan yang namanya berkurban. Hewan yang akan di jadikan kurban haruslah hewan yang masuk dalam kategori hewan yang sehat. Hal tersebut haruslah di lakukan sesuai dengan perintah yang telah ada pada al – qur’an. Berikut adalah beberapa ciri – ciri hewan kurban yang sehat :
  1. Hewan tidak cacat dan harus sehat
Pastikanlah sebelum memberli hewan untuk kurban dalam keadaan sehat, entah itu cacat atau pun sakit parah. Hewan yang tidak layak untuk di kurbankan yakni seperti memiliki organ – organ yang tidak lengkap.
  1. Nafsu makannya harus baik
Salah satu indikator kesehatan ternak adalah hewan kurban yang mempunyai nafsu makan yang baik. Penurunan nafsu makan biasanya merupakan gejala awal hewan ternak sakit. Jika anda memberi hewan kurban makanan yang sebelumnya belum di kasih makan dan ternyata hewan tersebut tidak memakannya dapat di pastikan bahwa hewan tersebut dalam keadaan sakit.
  1. Banyak aktivitas
Salah satu hewan yang sehat yakni hewan yang banyak beraktivitas dan banyak gerak. Jika hewan yang akan di jadikan sebagai hewan kurban melakukan banyak aktivitas dapat di pastikan hewan kurban tersebut sehat. Sedangkan ciri hewan kurban yang tidak sehat yakni cenderung kurang agresif serta ciri hewan kurban yang sehat yang lainnya yakni jika di sentuh hewan kurban tersebut akan cepat merespon.
  1. Sorot matanya cerah dan bersih
Sorot mata yang cerah dan bersih juga mewakili hewan kurban tersebut dalam keadaan baik dan sehat.
  1. Rambutnya tidak kusut
Hewan kurban yang sehat memiliki rambut yang mengkilap, tidak kusam, bersih, halus dan tidak kusut. Itulah beberapa ciri – ciri hewan kurban yang sehat untuk di kurbankan.

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.