Manfaat Biopori Untuk Manusia
lubang resapan air atau yang lebih dikenal dengan sebutan biopori adalah teknologi ramah lingkungan yang sangat efektif untuk mencegah terjadinya banjir. selain itu, dengan penggunaan lubang resapan air juga dapat membantu untuk mencegah terjadinya penyakit, terbentuknya lingkungan hidup yang sehat serta nyaman dan lestari, perkembangan agribisnis untuk wilayah perkotaan.   di bawah ini adalah berbagai manfaat dari lubang resapan air untuk kelangsungan hidup manusia.  
  1. meningkatkan daya resapan air. jika cuaca atau musim tengah memasuki musim penghujan, tentunya kadar air yang ditampung akan menjadi lebih besar. dengan adanya lubang resapan air, daya resapan terhadap air hujan akan akan menjadi lebih cepat dan volume air yang ditampung mejadi lebih luas. sehingga, dengan adanya lubang resapan air akan mencegah terjadinya banjir.
  2. membuat kompos dari sampah organik. lubang resapan air atau yang lebih dengan sebutan biopori dapat dijalankan dengan pemakaian sampah organik. sampah organik yang digunakan akan diubah menjadi kompos melalui tahap dekomposisi. oleh sebab itu, selain bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan resapan air, lubang resapan air juga sangat berguna untuk memproduksi kompos dari sampah organik.
  3. memanfaatkan mahluk bawah tanah ( hewan bawah tanah dan akar ). sudah dijelaskan bahwa lubang resapan air dapat dijalankan dengan menggunakan organisme yang berada dibawah tanah. organisme yang hidup dalam tanah akan membuat lubang - lubang kecil yang berguna sebagai saluran air dibawah tanah. selain itu, sampah organik yang terdapat di dalam tanah tidak akan cepat untuk diemisikan ke lapisan atmosfer sehingga dapat mengurangi efek gas rumah kaca.

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.