5 pulau terluar Indonesia
Indonesia memiliki 92 pulau terluar yang memiliki titik awal yang berbatasan dengan 10 negara tetangga, yaitu India, Malaysia, Singapura, Australia, Vietnam, Thailand, Filipina, Timor Leste, Papua Nugini dan Palau. Pulau-pulau yang tersebar di 9 provinsi yang sebagian besar ditemukan di Kepulauan Riau dan Maluku. Setengah dari pulau tak berpenghuni pulau dengan luas antara 0,02-2000 km2. Berikut ini adalah beberapa pulau terluar Indonesia.
  •  pulau damar
Pulau Damar adalah sebuah pulau yang terletak di bagian utara dari Kepulauan barat daya provinsi Maluku. Di pulau ini hanya ada tujuh desa yang terkonsentrasi di utara dan barat pulau.
  •  pulau deli
Deli, adalah sebuah pulau kecil yang terletak di Samudra Hindia. Secara administratif, pulau ini termasuk dalam Pandeglang, Banten. Pulau ini terletak di koordinat 7 ° 0'20 "LS, 105 ° 32'0" BT. Selain pulau Deli, juga ada pulau Tinjil yang terletak di Samudra Hindia.
  •  pulau fani
Pulau Fani adalah pulau terluar Indonesia terletak di Samudra Pasifik dan berbatasan dengan negara Palau. Pulau Fani merupakan bagian dari wilayah pemerintah Kabupaten Sorong, Provinsi Irian Jaya Barat. Pulau ini terletak di utara Sorong dengan koordinat 1 ° 4'28 "LU, 131 ° 16'49" BT.
  • pulau fanildo
Fanildo adalah pulau terluar Indonesia terletak di Samudra Pasifik dan berbatasan dengan negara Palau . Pulau Fanildo merupakan bagian dari wilayah pemerintah Numfor Biak , Provinsi Papua . Pulau ini terletak di bagian utara dari kota Manokwari dengan koordinat 0 ° 56'22 " LU , 134 ° 17'44 " BT .
  •  pulau iyu kecil
Pulau Iyu ( hiu ) Kecil , adalah pulau terluar Indonesia yang terletak di Selat Malaka , dan merupakan wilayah Kabupaten Karimun , Provinsi Kepulauan Riau . Tidak jauh dari pulau paling utara Kabupaten Karimun , ada pulau-pulau Tukong ( Tokong ) Hiu di mana penjaga mercusuar didirikan . Kedua pulau ini tidak berpenghuni dan dijaga hanya oleh beberapa staf TNI AL untuk menjaga atau  mengawasi kapal-kapal yang melintas di wilayah tersebut .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *