Tarian Bebali
Jika kita membahas mengenai Indonesia maka tidak akan ada habisnya muli dari kesenian, hingga keindahan alam pun akan selalu menarik untuk dibahas. Indonesia memang kaya akn segala hal yang menakjubkan dan tidak akan pernah sirna dimakan waktu. Dengan segala kekayaan yang Indonesia miliki membuat Indonesia mampu sjajar dan jadi pembicaraan di dunia Internasional. Banyak kebudayaan Indoneia yang disahkan oleh UNESCO sebagai warisan dunia. Kesenian dan kebudayaan Indonesia tidak dapat dipisahkan satu sama lain karena kebudayaan dapat membentuk sebuah kesenian daerah. Salah satu kesenian yang berawal dari kebudayaan adalah tarian bebali. Tarian bebali adalah semua jenis tarian yang ada di Provinsi bali. Setiap tarian yang ada di bali memiliki unsur tradisi dan budaya yang memiliki karakter dan cerita dibaliknya. Sebenarnya seni tari Bali dapat dikategorikan menjadi tiga kelompok yaitu wali atau seni tari pertunjukan sakral, bebali atau juga seni tari pertunjukan untuk upacara dan juga pengunjung, dan balih-balihan atau seni tari untuk hiburan pengunjung. Seorang pakar seni Tari Bali yang bernama I Made Bandem pada awal tahun 1980 an pernah menggolongkan tari-tarian Bali tersebut; antara lain yang tergolong ke dalam wali misalnya berutuk, sang hyang dedari, rejang dan baris gede, bebali antara lain ialah gambuh, topeng pajegan, dan wayang wong, sedangkan balih-balihan antara lain ialah legong, parwa, arja, prembon dan joged, serta berbagai koreografi tari modern lainnya.

baris gede bali

Tari Baris Gede

Wayang Wong Tejakula-2

Tari Wayang Wong

topeng pejagan

Tari Topeng Pejagan

Salah satu tarian yang sangat populer bagi para wisatawan adalah tari kecak. Kira-kira tahun 1930 an, Wayan Limbak bekerja  sama dengan pelukis Jerman Walter Spies menciptakan tari ini berdasarkan tradisi sanghyang dan bagian-bagian dari kisah Ramayana. Tari ini dipopulerkan Wayan Limbak saat berkeliling dunia bersama rombongan penari Bali nya. Tarian lainnya yang berasal dari Provinsi Bali adalah Sang Hyang Dedari, Sang Hyang Jaran, Tari Rejang, Tari Baris, Tari Janger, Tari Topeng, Gambuh, Tari Legong, arja, joged bumbung.

tari kecak

Tari Kecak

Semntara itu ada juga tarian yang berbentuk sebuah drama. Tarian ini dilakukan dengan menghidupkan karakter-karakter yang ada dalam tarian itu. Tarian ini biasanya juga disebut dengan Drama Gong. Jenis tarian drama Gong adalah Barong, Tari Pendet, dan Tari Kecak. Ketiga tarian ini sangat terkenal dan banyak disukai wisatawan yang datang ke bali.

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.