Sumber Daya Laut
Tuhan telah menciptakan planet bumi dengan segala sumber daya alamnya yang sangat melimpah. Salah satu tempat sumber daya alam yang sangat melimpah adalah lautan. Sejak ribuan tahun yang lalu, air laut dimanfaatkan oleh manuisa sebagai jalur transportasi. Selain itu, laut bisa dimanfaatkan juga sebagai sumber pangan. Sejak abad ke 19 manusia menangkap ikan dilautan dengan cara yang salah, diaman cara tersebut dapat mengancam klestarian populasi ikan, yaitu dengan menggunakan pukat harimau dan piranti canggih lainnya. Selain ikan, sumber daya alam yang dapat dipanen di laut adalah tiram dan rumput laut. Dengan adanya sumber daya alam yang ada di lautan ini membuat manusia dapat memenuhi semua kebutuhan pangan dan energinya. Salah satu hasil laut yang dapat dipanen adalah rumput laut. Rumput laut dapat diawetkan dengan cara dikeringkan dibawah terik matahari. Diperairan daerah tropis, petani rumput laut menanam rumput lautnya di dasar laut. Rumput laut sangatlah bergizi dan mengandung zat-zat yang sangat baik bagi kesehatan. Rumput laut dapat dijadikan makanan dengan cara ditumis dalam keadaan segar ataupun dapat dikeringkan dan dijadikan agar-agar. Bahkan saat ini rumput laut telah banyak dikembangkan menjadi makanan yang sangat enak.

Rumput-Laut-1024x682

Selain sumber makanan, laut juga memiliki sumber daya yang lainnya. Mineral-mineral laut yang paling bernilai adalah minyak dan gas. Mineral-mineral ini diambil dari dasar laut dengan cara dipompa, kemudian dialirkan ke darat. Mineral yang sangat berharga adalah minyak bumi. Minyak bumi merupakan cairan yang digunakan sebagai bahan bakar dan bahan dasar beberapa produk kimia. Minyak bumi berasal dari sisa-sisa tumbuhan dan hewan yang tertimbun di lapisan bawah permukaan bumi selama jutaan tahun yang lalu.

mesin untk mndptkn minyak bumi

Minyak bumi merupakan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Suatu saat nanti, persediaan minyak bumi akan habis. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu energi alternatif yang dapat diperbaharui, seperti energi matahari, angin, dan air. Minyak bumi yang diperoleh dari hasil pengeboran kemudian dikirim ke kilang-kilang minyak untuk diolah dalam proses penyulingan. Proses penyulingan adalah proses untuk memisahkan minyak menjadi bensin, solar, dan residu. Pengeboran minyak secara modern dilakukan pertamakali oleh Edwin Laurentine drake (1819-1880) di Pennsylvania, amerika Serikat. batubara6 Selain itu ada juga batu bara yang dihasilkan dari lautan. Batu bara adalah bahan tambang yang berasal dari sisa-sisa tumbuhan darat dan tumbuhan air yang tertimbun dilapisan bawah permukaan bumi selama jutaan tahun.

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.