HELI KOPTER
Seperti kita ketahui bahwa kemajuan teknologi telah merubah segala sendi kehidupan di muka bumi ini. Seperti yang terjadi pada alat transportasi yang telah berubah pesat ke arah yang semakin canggih. Banyak jenis trasportasi yang dapat kita jumpai, baik di darat, udara ataupun laut. Di darat kita bisa melihat mobil, motor, kesreta api dan sejenisnya, di laut  kita dapat melihat kapal ataupun perahu das sejenisnya, dan di udara kita dapat melihat kapal yang sangat besar dan beberapa jenis pesawat lainnya seperti helikopter. Helikopter adalah jenis pesawat yang berukuran lebih kecil dibandingkan dengan pesawat terbang lainnya. Karena ukuruannya yang kecil, helikopter dapat digunakan untuk menjangkau tempat-tempat yang tidak dapat dicapai oleh pesawat dan kendaraan darat lainnya. Sebagian besar helikopter digunakan oleh angkatan bersenjata di dunia. Helikopter digunakan untuk memindahkan peralatan perang dengan cepat dan mengangkut para tentara yang terluka ke rumah sakit.

Sebagian besar negara di dunia menggunakan helikopter sebagai ambulans udara. Ambulans udara digunakan di daerah-daerah terpencil atau di kota-kota besar yang padat lalu lintas. Helikopter digunakan pula untuk mengangkut orang dan barang. Helikopter berukuran besar biasanya digunakan untuk mengangkut para pekerja ke anjungan minyakl lepas pantai. Helikopter juga digunakan untuk mengamati lalulintas di kota-kota besar.

helokopter giroplan

 helikopter autogoro

    Autogiro 1923

helikopter igor

             Gyroplane 1907                                                                             Igor Sikorsky, Autogiro 1939

Helikopter pertama kali diciptakan pada tahun 1907 yang diberi nama Gyroplane. Helikopter ini memiliki empat rotor yang diputar oleh mesin berukuran kecil. Pada tahun 1923 diciptakan helikopter bersayap bernama Autogiro. Autogiro mempunyai sebuah baling-baling di bagian depan dan juga sayap besar. Helikopter sebenarnya baru muncul pada tahun 1939. Helikopter ini diciptakan oleh seorang insinyur Rusia bernama Igor Sikorsky. Helikopter ciptaan Igor mempunyai rotor utama dan rotor ekor. Helikopter ciptaannya ini merupakan cikal bakal helikopter modern. Autogiro adalah mesin terbang setengah pesawat dan setengah helikopter. Prinsip terbang helikopter mirip dengan pesawat terbang. Jika pesawat terbang terangkat ke udara karena sayapnya, helikopter dapat terangkat ke udara karena mempunyai rangkaian bilah yang berputar yang disebut rotor. Rotor yang berputar sangat cepat dapat menghasilkan gaya angkat.ketika gaya angkat lebih besar dari bobot helikopter, maka helikopter dapat terbang. Terdapat beberapa gaya yang bekerja pada helikopter yaitu gaya angkat, gaya berat, gaya dorong, dan hambatan udara.

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.