Membuat Rengginang
rengginang   rengginang adalah salah satu makanan ringan yang terbuat dari ketan melalui proses penjemuran dan penggorengan. rengginang pun memiliki rasa yang enak dan unik. oleh karena itu rengginang banyak di konsumsi orang sebagai cemilan sehari - hari. selain rasa yang enak, rengginang juga mengandung karbohidrat sama hal nya dengan nasi. fungsi nya untuk menambah tenaga atau energi dalam aktivitas sehari - hari. dan yang paling penting mampu untuk mengganjal perut yang sedang lapar 😀 dalam pembuatan rengginang, memerlukan waktu sekitar 2 - 3 hari. hal ini di sebabkan karena proses penjemuran rengginang mentah yang cukup lama untuk menghasilkan rengginang renyah saat di kunyah. selain rasa yang enak, harga nya yang murah dan terjangkau menjadi pilihan utama masyarakat. siapa saja pasti bisa mencicipi makanan ringan yang enak, renyah, dan gurih ini. dalam proses penggorengan nya tidak memerlukan bahan atau bumbu lagi. karena rengginang sudah di beri bumbu sebelum di jemur dan meresap langsung pada rengginang. langsung saja kita lihat cara pembuatan rengginang di bawah ini dengan seksama : alat dan bahan alat yang di perlukan ;
  1. baskom
  2. wajan atau katel
  3. kompor gas atau kompor minyak
  4. sodet
  5. panci kukus
  6. alas untuk menjemur
  7. cetakan bulat ( biasanya menggunakan tutup tempat kue )
bahan yang di perlukan ;
  1. beras ketan putih
  2. terasi
  3. garam
  4. bawang putih
  5. air
cara pembuatan ;
  1. rendam lah berasa ketan dalam air selama 2 - 4 jam, kemudian di kukus selama 30 menit pada panci kukus yang telah di sediakan.
  2. masukkan bawah putih yang telah di iris - iris, terasi dan garam kedalam panci yang di isi air sekitar 300 mL, kemudian aduk hingga larut.
  3. masukkan beras ketan, kemudian masak ketan sampai air nya hilang.
  4. tambah kan pewarna makanan sesuai dengan selera anda.
  5. cetak ketan yang masih panas dan simpan pada alas untuk menjemur.
  6. jika semua ketan sudah di cetak, jemur segera di bawah sinar matahari langsung. proses penjemuran biasanya 2 - 3 hari jika cuaca nya tidak hujan.
  7. jika ketan sudah kering, goreng ketan tersebut dengan suhu tinggi agar lebih renyah.
  8. ketan pun sudah berubah menjadi rengginang dan siap untuk di santap.
bagaimana ? ayo coba membuat rengginang sendiri di rumah. dan cicipi bersama teman atau keluarga.

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.