tentang paragraf
tentang paragraf kali ini saya akan membahas tentang paragraf. Paragraf adalah kumpulan dari kalimat - kalimat yang relevan dan saling berkaitan antara kalimat yang satu dengan kalimat yang lain nya. suatu paragraf dapat di katakan baik jika memenuhi syarat - syarat nya. syarat - syarat paragraf yang baik antara lain kesatuan, koheren, dan kelengkapan.
  • ¬†kesatuan, suatu paragraf dapat di katakan paragraf yang baik jika dalam paragraf tersebut hanya mengandung satu gagasan pokok atau topik atau selalu relevan.
  • koheren, paragraf di katakan koheren atau padu jika kalimat - kalimat yang ada pada kalimat tersebut saling berkaitan.
  • kelengkapan, suatu paragraf di sebut lengkap jika berisi kalimat - kalimat penjelas yang cukup untuk menunjang kejelasan kalimat utama.
berdasarkan letak kalimat utama nya, paragraf di bedakan menjadi tiga yaitu deduktif, induktif, dan campuran.
  • paragraf deduktif, adalah paragraf yang letak kalimat utama nya berada di awal paragraf. contoh :
kegiatan jalan santai SMAN 19 Garut berlangsung lancar. sekitar 350 orang siswa yang mengikuti kegiatan ini dengan tertib dan aman walau rute nya berada di jalan raya. para peserta berbaris dengan rapi tanpa mengganggu laju lalu lintas kendaraan. kegiatan di adakan setiap setahun sekali untuk memperingati hari jadi kota Garut.
  • paragraf induktif, adalah paragraf yang letak kalimat utamanya ada di akhir paragraf. contoh :
setiap hari Rista selalu membaca buku sekolah nya di rumah. selain itu, ia juga sering mengerjakan tugas dan rajin belajar di rumah nya bersama teman atau kakak nya. ia selalu membantu teman nya yang belum mengerti tentang materi yang telah di sampaikan oleh guru. membaca dan belajar sudah menjadi kegiatan Rista sehari - hari. Rista adalah anak yang rajin dan pintar.
  • paragraf campuran, yaitu paragraf yang letak kalimat utama nya terletak di awal yang kemudian dipertegas kembali pada akhir paragraf. contoh :
belajar memainkan gitar memerlukan waktu yang cukup lama. jari tangan yang kaku menjadi alasan utama dalam belajar memainkan gitar. selain itu, faktor ketidaktahuan tentang kunci - kunci dasar gitar juga menjadi hal yang wajib dalam belajar memainkan gitar dan memerlukan waktu karena tingkat kesulitan bagi para pemula memang susah. jadi, dalam belajar memainkan gitar memerlukan waktu yang cukup lama.

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.