JENIS DARAH MANUSIA
Darah merupakan bagian terpenting dalam hidup manusia. Volume darah yang ada pada manusia rata-rata adalah 8% dari berat badan. Darah manusia berwarna merah. Darah yang banyak mengandung oksigen biasanya berwarna cerah dan darah yang banyak mengandung karbondioksida biasanya berwarna merah gelap. JNS DARAH Darah terdiri dari plasma dan sel darah. 1. Plasma Darah Di dalam plasma darah terdapat berbagai macam zat. Plasma tersusun dari 91% air dan 9% zat terlarut. Di dalam plasma juga ada albumin, yaitu protein yang berfungsi utnuk menjaga tekanan osmotik darah. Fibrinogen untuk pembekuan darah, dan serum yang mengandung antibodi yang fungsinya untuk kekebalan tubuh. 2. Sel-sel Darah Sel darah terdiri dari sel darah merah, sel darah putih dan keeping darah.
  • Sel darah merah (Eritrosit)
Eritrosit befungsi sebagai pengangkut hemoglobin yang membawa oksigen dan karbondioksida. Sel darah merah berproduksi sampai 2 juta sel. Jumlah normal dari eritrosit adalah 4,7 – 5,3 juta/ mm3.
  • Sel darah putih (Leukosit)
Leukosit berfungsi dalam sistem kekebalan tubuh. Leukosit dapat membunuh dan memakan mikroorganisme dan zat asing yang masuk ke dalam tubuh. Bentuk leukosit amoeboid (bergerak bebas), diapedesis (menembus dinding pembuluh kapiler) dan fagositosis (membunuh kuman dengan cara memakan kuman tersebut). jumlah normal leukosit adalah 4.000 – 10.000/ mm3 darah. Jika manusia kekurangan leukosit, orang tersebut terkena penyakit leukopenia. Jika kelebihan leukosit (melebihi 10.000) disebut leukositosis. Jika melebihi batas atau leukosit di atas 200.000 / mm3 darah disebut leukemia.
  • Keping darah (Trombosit)
Trombosit dibentuk di sumsum tulang belakang. Trombosit berguna dalam pembekuan darah ketika terjadi luka. Jumlah trombosit kira-kira 300.000/ mm3 darah. Selain yang dijelaskan di atas, darah memiliki fungsi sebagai alat pengangkut oksigen dan sari-sari makanan. Sebagai alat pertahanan tubuh dalam melawan infeksi, menelan kuman penyakit dan menghasilkan antibody dan antitoksin. Darah juga berfungsi dalam menjaga suhu tubuh. Suhu normal tubuh manusia adalah 37oC. Darah dapat menyebarkan suhu secara merata ke seluruh tubuh. Menggigil ketika dingin dan berkeringat ketika panas merupakan mekanisme untuk menjaga agar suhu tubuh tetap stabil.

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.