Definisi Manajemen Perubahan
Manajemen perubahan Apa yang dimaksud dengan perubahan ? Beberapa ahli mendefinisikan perubahan sebagai berikut:
  1. Menurut Wibowo, 2007: Perubahan adalah tranformasi dari keadaan sekarang menuju keadaan yang diharapkan di masa yang akan datang yang lebih baik.
  2. Perubahan adalah beralihnya keadaan sebelumnya (the before condition) menjadi keadaan setelahnya (the after condition) (Winardi, 2005).
Apa itu manajemen perubahan ? Adapun yang dimaksud dengan manajemen perubahan itu sendiri menurut Nikhols (2003) yaitu:
  • Suatu tugas untuk mengelola perubahan, baik pengelolaan terhadap perubahan yang direncanakan maupun pengelolaan terhadap perubahan yang tidak direncanakan.
  • Merupakan suatu praktek area profesional,  praktisi dalam bidang manajemen perubahan kemudian dinamakan dengan agen perubahan (change agents)
  • Merupakan suatu bangunan ilmu yang di dalamnya terdiri dari model, metode, teknik, alat, dan keterampilan, yang kemudian digunakan sebagai dasar dalam praktek perubahan organisasional.
Dalam manajemen perubahan itu sendiri terdapat beberapa faktor pendorong terjadinya suatu perubahan faktor itu terdiri dari faktor eksternal dan faktor internal. images (7) Faktor eksternal meliputi: Teknologi, Kompetisi global, Perubahan sosial dan demografi Kondisi ekonomi Faktor internal meliputi: Perilaku SDM Komunikasi organisasional Politik organisasional Sifat perubahan ada 2, yaitu: perubahan terencana dan perubahan tidak terencana v  Apa yang dimaksud dengan perubahan terencana atau perubahan yang direncanakan ? Perubahan terencana (planned change) merupakan aktifitas organisasional yang diarahkan untuk mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan sebelumnya. Perubahan terencana mencakup: -          Perubahan dalam produk atau jasa (changes in product and services) -          Perubahan ukuran dan struktur organisasi (changes in organizational size and structure) -          Perubahan dalam sistem administrasi (changes in administrative systems) -          Perubahan teknologi (technological changes) -          Kesenjangan kinerja (performance gap)   v  Apa itu perubahan tidak terencana ? Perubahan tidak terencana (unplanned change) merupakan pergeseran aktifitas organisasi karena adanya tekanan dari luar organisasi (eksternal) dan diluar kontrol organisasi. Perubahann tidak terencana mencakup: -          Pergeseran demografis tenaga kerja (shifting employee demographics) -          Paraturan pemerintah (government regulation) -          Kompetisi global (global competition) -          Perubahan kondisi ekonomi (changing economics condition) -          Kemajuan teknologi (advance in technology)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *