Cara Cepat Menghafal Yang Benar

mnh

Mengingat pelajaran baik di sekolah maupun di kampus adalah salah satu hal yang begitu penting supaya pada saat ada ujian/ulangan kita akan dengan mudah menjawab seluruh pertanyaan-pertanyaan yang diberikan oleh guru atau dosen. Salah satu cara jitu untuk tetap mengingat berbagai pelajaran yang sering dipelajari sehari-hari disekolah atau perkuliahan adalah dengan cara menghafalnya. Dalam hal ini agar pelajaran lebih mudah untuk diingat, maka saya bagikan beberapa tips cerdas dan cepat menghafal pelajaran yang mungkin bisa dilakukan:

1. Memainkanlah Emosi Anda

Dalam memainkan emosi ini juga berkaitan dengan membuat kesan, yaitu membuat kesan yang bermuatan kebahagiaan, cinta, dan kesedihan yang justru akan mudah untuk tetap diingat. Dengan membuat sebuah kesan perasaan hangat, dan perasaan tersebut akan menjadikan jantung anda berdenyut dengan kencang dan memancarkan aura kebahagiaan yang dapat membantu memori ingatan anda.

2. Selalu Membuat Kesan

Kesan adalah salah satu hal yang akan terus di ingat oleh seseorang. Dengan demikian maka dengan membuat kesan pada setiap pelajaran yang dipelajari di sekolah atau kampus harus selalu anda ciptakan. Dalam hal ini kita mesti membuat kesan objek pada beberapa pelajaran yang akan di ingat secara imajinatif dan mudah dipahami.

3. Biasakan Memperhatikan Kata Penting

Hal yang terlihat penting untuk dibaca dibuat menjadi spesial, seperti judul, sub judul, bergaris miring, kata bercetak tebal dan buatkanlah peta pikiran kalau bisa diwarnai dengan stabilo.

4. Repetisi

Dalam hal ini upayakan agar selalu tetap berkosentrasi penuh pada setiap materi yang sedang atau telah kamu pelajari. Materi yang dipelajari tersebut harus senantiasa diulang dengan cara yang berbeda dan menarik, seperti dengan mengucapkannya dengan keras-keras dan akan lebih baik jika dibuat peta pikiran

5. Membaca Bagian yang Menarik Terlebih Dulu

Kamu juga bisa membaca dulu bagian yang menurut kamu paling menarik atau sangat dibutuhkan untuk tetap diingat. Pikirkanlah kembali apa yang telah kamu baca. Hal ini harus selalu diulang-ulang, juga usahakan untuk membuat peta pikiran.

6. Memahami Isi

Usahakan agar anda dapat memahami isi dari setiap tulisan yang telah kamu baca. Dalam hal ini kamu dapat memikirkan dan membaca kembali apa yang telah kamu peroleh dari sebuah tulisan yang telah dibaca secara umum dan menyeluruh. Bila ada pertanyaan yang muncul dalam setiap tulisan yang sedang dibaca, maka usahakanlah untuk mengingat pertanyaan tersebut sedetail mungkin.

7. Baca Kembali

Usahakan agar kamu selalu meluangkan waktu untuk mengulangi membaca kata-kata yang dianggap penting pada suatu kalimat, khususnya pada kalimat pertama pada suatu paragraf. Hal ini dilakukan sebab pada umumnya ide utama setiap tulisan berada pada kalimat utama disetiap paragraf.

kh
Menghafal memang merupakan aktivitas yang cukup sulit, namun sebenarnya hambatan yang paling besar dalam menghafal yaitu karena kita sering menganggap menghafal itu begitu sulit dan selalu takut hafalan tersebut akan cepat lupa. Hal yang mudah sekalipun akan lebih terasa susah jika kita selalu menganggap itu sebagai sebuah kesulitan. Padahal hanya dengan tekad yang kuat dan kemauan keras, hambatan sebesar apapun akan dapat dihadapi dan impian setinggi apapun dapat dicapai. Itulah berberapa tips untuk menghafal pelajaran yang bisa di terapkan. Semoga bermanfaat bagi anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *