NARKIB بسم الله الرحمن الرحيم

بسم الله الرحمن الرحيم

Assalamu’alaikum Wr. Wb. Dengan menyebut nama Tuhan Yang Maha Esa Allah SWT insyaallah dalam kesempatan ini saya akan sharing / menulis artikel mengenai ayat pertama dalam al-quran, pasti sahabat – sahabat sudah tidak asing dengan apa atau ayat apa yang saya maksud ? , ya benar sekali ayat yang saya maksud itu terdapat dalam surat alfatihah ayat pertama yaitu:

بسم الله الرحمن الرحيم

Yang artinya: “ Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang ”. Dalam ayat tersebut terdapat sekali makna yang sangat luas dan mendalam, disini saya akan sedikit sharing kepada sahabat – sahabat dengan sedikit apa yang saya dapatkan. Lapadz tersebut terdiri dari lima kalimat :
  1. ب yaitu kalimat haraf
  2. Lapadz اسم yaitu kalimat isim
  3. Lapadz الله yaitu kalimat isim
  4. Lapadz الرحمن yaitu kalimat isim
  5. Lapadz الرحيم yaitu kalimat isim
 
  1. ب yaitu kalimat haraf, lebih lanjut ب merupakan salah satu haraf jar atau bisa disebut juga sebagai haraf khofad yakni haraf yang mempengaruhi i’rab kalimat selanjutnya menjadi kasrah yang mana kalimat setelahnya itu harus kalimat isim. Haraf jar dalam kitab Al - Jurumiah itu antara lain : من, الى, عن ,على ,فى , رب , ب ,ك , ل.
  2. Lapadz اسم yaitu kalimat isim
Dimana lafadz tersebut terbentuk daripada masdar, tetapi para ulama ada perbedaan dalam pengambilan asal katanya. Ulama pertama berpendapat bahwa lafadz tersebut di ambil dari kata وسم. Dan ulama yang kedua berpendapat bahwa lafadz tersebut berasal dari kata سمى . Berbeda dengan ikhtilafiah ulama mengenai asal kata lafadz tersebut, tetapi semua ulama sepakat bahwa lafadz اسم itu shigotnya masdar. Dan status daripada lafadz ini menjadi jar majrur dari ب .
  1. Lapadz الله yaitu kalimat isim
Lafadz الله sangatlah istimewa, sehingga terdapat perbedaan yang sangat beragam sekali mengenai asal mula lafadz ini berasal, malah ada dari beberapa kalangan ulama yang berpendapat bahwa lafadz ini tidak bisa di shigot ( tidak ada kata asalnya ).
  1. Lapadz الرحمن yaitu kalimat isim
Shigotnya masdar status kalimat ini merupakan sifat pertama dari lapadz الله
  1. Lapadz الرحيم yaitu kalimat isim
Shigotnya masdar status kalimat ini merupakan sifat kedua dari lapadz الله .

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.