KITAB ALLAH SWT
kitab allah Salah satu rukun iman yang wajib diyakin oleh umat muslim diantaranya adalah iman kepaa kitab Allah swt. Ada beberapa macam kitab yang telah Allah turunkan kepada para Rasul yang dipilihNya, yaitu:
  1. Kitab Taurat yang ditunkan kepada Nabi Musa as. sekitar abad ke 12 sebelum masehi di daerah sekitar Israel dan Mesir.
  2. Kitab Zabur yang diturunkan kepada Nabi Daud as. sekitar abad ke 10 sebelum masehi di daerah sekitar Israel (Palestina).
  3. Kitab Injil yang diturunkan kepada Nabi Isa as. sekitar permulaan abad masehi.
  4. Kitab Zabur yang diturunkan kepada Nabi Daud as. sekitar abad ke 10 sebelum masehi di daerah sekitar Israel (Palestina).
  5. Kitab Al-Quran yang diturunkan kepada Nabi akhir zaman yaitu Nabi Muhammad saw sekitar abad ke 6 masehi disekitar Mekah dan Madinah. Kitab Al-Quran mempunyai isi yang melengkapi kitab sebelumnya.
Iman kepada kitab Allah memiliki fungsi yang sangat besar bagi kehidupan diantaranya adalah sebagai petunjuk umat manusia. Dalam kehidupannya di dunia, manusia harus mendapatkan suatu cara untuk bekal hidup di akhirat nanti. Dalam suatu kitab dijelaskan beberapa petunjuk supaya manusia mengamalkan apa yang terkandung dalam kitab tersebut. Yang kedua adalah sebagai petunjuk untuk menyelesaikan permasalahan. Dalam kitab dijelaskan semua solusi untuk memecahkan suatu masalah. Fungsi selanjutnya adalah sebagai bahan renungan untuk memperbaiki diri. Dalam suatu kitab dijelaskan tentang masa lalu dan masa yang akan dating yang belum pernah terjadi. Dari masa lalu kita dapat mengambil pelajaran, dan dari masa yang akan dating yang pasti akan terjadi, kita dapat mempersiapkan diri untuk bekal suatu saat nanti. Dan yang terakhir adalah sebagai landasan hukum dan etika. Dalam kitab dijelaskan tentang beberapa kaum yang ditimpa bencana karena kesyirikannya kepada Allah swt, dan ada pula penjelasan tentang balasan untuk seseorang yang berbuat baik misalnya dermawan, tidak sombong dan penyayang dan balasan untuk seseorang yang berbuat kikir dan sombong .Dari penjelasan tersebut, kita dapat mengambil pelajaran bahwa sebagai manusia haruslah memiliki etika dan kepribadian yang baik, sehingga perbuatan yang kita lakukan akan menolong kita di dunia maupun di akhirat kelak.

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.