ALAM GHAIB
ALMGHB Ketika kiamat terjadi, bumi akan hancur berkeping-keping, langit akan runtuh, bintang akan berjatuhan. Kehidupan manusia pun  berganti. Manusia akan mengalami beberapa alam setelah kiamat terjadi. Sebelum manusia hidup di dunia pun manusia mengalami 2 alam, yaitu alam azali dan alam rahim. Setelah di dunia alam ghaib yang akan dialami oleh manusia adalah alam barzah, alam akhirat, alam hisab, alam mizan.
  1. Alam barzah (alam kubur). Setelah manusia meninggal maka jasadnya akan dibungkus rapid an ditempatkan di dalam tanah. Tempat ini dinamakan dengan kuburan. Manusia akan menunggu di alam barzah ini sampai hari kiamat dating. Dalam alam barzah ini juga manusia akan mengalami yang namanya siksa dan kenikmatan alam kubur.
  2. Alam Mahsyar adalah waktu ketika manusia dibangkitkan dan dikumpulkan. Disebut alam Mahsyar karena manusia dikumpulkan di suatu temapat yaitu padang Mahsyar. Pada hari ini semua manusia akan dikumpulkan dan masing-masing sibuk dengan urusannya tanpa ada pembela, tolong menolong.
  3. Yaumul Hisab yaitu hari perhitungan amal perbuatan yang telah dilakukan di dunia. Pada hari ini manusia akan disidang, namun bukanlah mulut mereka yang berbicara, tetapi anggota tubuh mereka dan mulut yang biasa digunakan untuk berbicara pada waktu itu dikunci rapat-rapat.
  4. Mizan artinya timbangan. Yaumul mizan artinya hari ditimbangnya semua amal perbuatan manusia ketika hidup. Orang yang berat timbangannya dalam kebaikan maka dipastikan orang tersebut akan masuk ke dalam syurga dan orang yang berat timabangannya ke  dalam keburukan maka orang tersebut akan ditempatkan di Neraka.
  5. Surga. Surga adalah alam terakhir yang ditempatkan untuk orang-orang yang shaleh. Indahnya dunia tidaklah sebanding apabila dibandingkan dengan keindahan surga. Di dalam surga semuanya menjadi halal. Arak pun yang di dunia haram menjadi halal ketika di surga. Ada banyak sungai yang dapat diminum diantaranya sungai madu dan sungai susu. Apabila kita meminum seteguk minuman yang ada di surga, maka rasa haus pun seketika akan hilang.
  6. Neraka adalah temapt terakhir yang Allah sediakan untuk orang-orang kafir. Neraka diciptakan Allah sangat panas melebihi panasnya api dunia. Api dunia tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan api neraka. Minuman yang disediakan juga terbuat dari nanah yang mendidih, makanan pun hanya makanan yang pansa seperti batu yang keras. Orang yang selalu ingkar terhadap ajaran Allah akan mengalami siksa di akhirat yaitu di neraka. Naudzubillah….

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.