Bimbingan Anak
bimbinganSebagai orang tua, sudah seharusnya kita memelihara dan membimbng anak-anak kita agar kelak mereka menjadi anak harapan nusa, bangsa, juga agama. Menjadi manusia yang bertanggung jawab atas kesejahteraan keluarga dan masyarakat. Yang dimaksud dengan membimbing anak adalah membimbing perkembangan anak sehingga dapat mencapai tingkat yang lebih dewasa, penuh disiplin dan bertanggung jawab. Adapun perkembangan itu adalah: a. Perkembangan Jasmani Perkembangan jasmani ini meliputi terjaminya makanan (bersih, bergizi, dan bervariasi supaya anak tidak bosan), kesehatan anak (biasakan hidupa sehat dengan berolaharaga), permainannya (bermain santai dengan tidak terlalu menuntut peraturan yang bersifat selalu mencapai target tinggi). Kesemuanya ini sangat mempengaruhi jiwa si anak agar perkembangannya cepat tumbuh sebagai anak sehat dan disiplin juga mempunyai mental yang baik. b. Perkembangan Rokhani Perkembangan rokhani ini ada bermacam-macam, antara lain:
  1. Pendidikan agama
  2. Kesusilaan, kesopanan, dan pengertian
  3. Menanamkan saling menghargai, saling tolong menolong, saling menghormati, mentaati peraturan baik di sekolah, rumah dan lingkungan di masyarakat.
  4. Menanamkan rasa tanggung jawab, penuh disiplin dan memanfaatkan waktu luang.
  5. Perkembangan Sosial
c. Perkembangan social meliputi beberapa aspek, yaitu:
  1. Memupuk rasa senang berorganisasi social contonya pramuka, pmr, dll.
  2. Menanamkan adanya hak dan kewajiban
  3. Bersikap jujur, pandai bergaul, saling mengingatkan, suka menolong serta member semangat kepada teman.
  4. Pandai membagi waktu dan memanfaatkannya.
Dalam membimbing anak, kita juga mengenal wadah untuk memperhatikannya yaitu lingkungan keluarga yakni pendidikan anak merupakan tanggung jawab orang tua, pendidikan sekolah / formal yakni pendidikan sepenuhnya menjadi tanggung jawab guru dan para pendidiknya, dan yang terakhir yaitu pendidikan di lingkungan masyarakat, sepenuhnya pendidikan ini berada di tangan masyarakat, yang kadang bisa berupa kegiatan positif seperti kegiatan social, olah raga, kesenian, keterampilan, penghijauan, dsb. Hal lain yang mempengaruhi pendidikan anak ini bergantunga pada lingkungan tempay tinggal, latar belakang keluarga (kaya atau miskin), latar belakang pendidikannya, daerah tempat tinggalnya ( desa atau kota), kemajuan teknologi modern, dan kehidupan masyarakat itu sendiri (petani, pelajar, industry, dll).

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.