Manfaat Yang Terkandung Dalam Jambu Air
jambu Semua orang yang ada di Indonesia pasti mengenal buah Jambu Air, biasanya pohon jambu air di tanam di pekarangan-pekarangan atau halaman rumah. Bahkan di daerah tertentu di Indonesia, terdapat pohon jambu air hampir ada di setiap rumah masyarakat. Sebenarnya fenomena banyaknya dan mudah tumbuhnya pohon jambu air di Indonesia sangat tidak mengherankan, karena jambu air sendiri memang berasal dari kawasan wilayah Asia Tenggara. Jambu air terbagi ke dalam 2 kelompok varian, yakni Syzgium quaeum atau jambu air kecil dan Syzgium samarangense atau jambu air besar. Yang termasuk ke dalam varian jambu air kecil seperti jambu air kancing, jambu air mawar, jambu air kraton, jambu air camplong dan masih banyak lagi yang lainnya. Sedangkan yang termasuk ke dalam jambu air besar ialah jambu air lilin , jambu air apel, cincalo dan juga jambu air kaget. Jambu air biasanya dimakan secara langsung atau bisa juga digunakan sebagai bahan untuk pembuatan rujak. Jambu air tidak hanya nikmat untuk di konsumsi, selain nikmat dan menyegarkan jambu air juga memiliki banyak manfaat sehat seperti berikut ini.
  • Mencegah Dehidrasi
Jambu air seperti yang kita ketahui memiliki kadar air yang cukup tinggi. Menurut penelitian pun menyebutkan bahwa kandungan air dalam jambu air dari setiap 100 gramnya bisa mencapai 93 %. Sehingga tentunya jambu air sangat efektif untuk mencegah terjadinya dehidrasi.
  • Meningkatkan Kesuburan
Nah, untuk manfaat yang kedua pasti banyak yang tidak menyangka dan belum mengetahui bahwa buah jambu air mampu membantu meningkatkan kesuburan pada pria. Kandungan vitamin C yang terdapat pada jambu air memiliki fungsi sebagai anti oksidan, yang tentunya bermanfaat untuk menjaga sel-sel pada tubuh, termasuk menjaga sel sperma dari kerusakan yang di akibatkan oleh paparan radikal bebas.
  • Menjaga Kesehatan Mata
Selain memiliki kandungan vitamin C, Jambu air juga mengandung vitamin lainnya yaitu Vitamin A. Seperti yang sudah di ketahui oleh banyak orang bahwa vitamin A sangat di perlukan untuk menjaga kesehatan mata.
  • Mencegah Diare
PK Warrier dari Universitas Purdue mengungkapkan bahwa, ekstrak dari biji jambu air bisa digunakan untuk mencegah diare. Bahkan di negara India, ramuan bunga jambu air sering dipergunakan sebagai obat untuk pereda demam dan penurun panas pada anak.

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.