8 Cara Menjaga Kesehatan Ginjal
2804ginjal Ginjal merupakan salah satu organ yang sangat vital dan penting bagi sistem metabolisme tubuh. Ginjal tentunya harus di jaga dengan baik kesehatannya, jika ginjal tidak di jaga sama seperti organ lainnya maka akan cepat rusak sehingga menyebabkan timbulnya beberapa komplikasi seperti penyakit kardiovaskuler, kelenjar paratoid sampai kerusakan saraf. Untuk menjaga kesehatan ginjal sebenarnya tidak sulit. Yang perlu dilakukan hanyalah menghindari segala sesuatu yang akan mengakibatkan risiko penyakit ginjal. Gaya hidup yang baik juga akan membantu meningkatkan kesehatan tubuh secara umum, termasuk menurunkan risiko terkena penyakit ginjal.   Liliana Jimenez yang berasal dari Danone Research International, mengatakan untuk menjaga kesehatan ginjal maka setidaknya ada 8 cara yang bisa di lakukan. Berikut 8 tips yang ia paparkan:
  • Jaga Kesehatan Dengan Tetap Beraktivitas
Aktifitas yang saya maksudkan disini ialah aktifitas fisik. Jadi agar kesehatan fisik kita secara keseluruhan termasuk ginjal baik, maka lakukanlah berbagai aktifitas fisik salah satunya ialah berolahraga.
  • Jaga Kadar Gula Darah Tetap Stabil
Salah satu faktor timbulnya penyakit ginjal ialah karena faktor risiko penyakit diabetes. Sepertu di data yang disebutkan Indonesian Renal Registry, yang menyebutkan bahwa di tahun 2010, penyakit diabetes setidaknya menyumbang 25 % penyebab terhadap penyakit ginjal.
  • Jaga Tekanan Darah
Tekanan darah atau Hypertensi ialah penyebab penyakit ginjal yang tertinggi. Pada lima tahun terakhir ini, Hypertensi mengalami peningkatan dalam hal penyebab penyakit ginjal. Hypertensi menurut data IRR di tahun 2010, Hypertensi menjadi penyebab gagal ginjal 35 %.
  • Konsumsi Makanan Sehat Dan Menjaga Berat Badan Ideal
Makanan-makanan yang mengandung zat pewarna sintetik dan juga zat bahan pengawet juga berkontribusi mengganggu kesehatan ginjal. Oleh karena itu hindarilah terlalu sering memakan makanan seperti itu.
  • Cukupi Kebutuhan Cairan Tubuh
Cairan tubuh tentunya sangat penting bagi hampir seluruh organ tubuh, termasuk ginjal. Cukupilah kebuthan cairan tubuh ini baik dari air mineral, buah-buahan serta sayuran yang mengandung banyak air.
  • Jauhi Rokok
Seperti yang kita tahu, bahwa rokok sudah banyak di kenal sebagai penyebab berbagai penyakit berbahaya atau berat termasuk penyakit ginjal ini. Oleh karena itulah jauhi yang namanya rokok.
  • Tak mengkonsumsi Obat sembarangan
Ketika kita sakit jangan mengonsumsi obat secara sembarangan, selain itu kita juga jangan sedikit-sedikit minum obat. Perlu anda ketahui bahwa obat kimia, ialah zat asing yang membuat beban kerja ginjal menjadi sangat berat. Saya sarankan lebih baik mengonsumsi obat atas rekomendasi dokter.
  • Periksa Fungsi Ginjal Secara rutin
Agar anda mengetahui kesehatan ginjal anda, maka lakukanlah pemeriksaan secara rutin. Bentuk pemeriksaannya bisa berupa pengukuran laju filtrasi glomerulus serta adanya protein dalam urin.

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.