Sikap Yang Harus Dimiliki Entrepreneur
running businessman Kegiatan bisnis yang postitif pasti akan memberikan hasil yang bagus. Begitupun dengan seorang wirausahawan, jika ingin berhasil menjadi seorang wirausahawan yang sukses maka sejak awal harus selalu menanamkan sikap dan tindakan yang positif. Seorang wirausahawan ketika menjalankan bisnis atau kegiatan usahanya di tuntut untuk cerdas dalam melakukan pengelolaan usahanya baik dalam pengelolaan keuangan, strategi pemasaran dan sebagainya. Selain itu seorang wirausahawan atau Entrepreneur juga akan di uji dengan berbagai tantangan dan masalah. Maka dari itu, tak heran jika kita melihat banyak pengusaha-pengusaha sukses yang memiliki sikap positif seperti sikap pantang menyerah, percaya diri, pekerja keras serta selalu berusaha menciptkan inovasi-inovasi baru demi usaha yang dijalankan. Jika kita menelisik dan kembali memahami arti dari pengusaha sendiri, pengusaha memiliki arti yaitu orang-orang yang memiliki motivasi tinggi, berani mengambil risiko dan lebih mengutamakan tindakan dari pada teori dalam meraih tujuan yang ingin di capainya. Selain menyiapkan sikap yang positif seorang pengusaha juga harus memiliki mental yang bagus. Namun, dalam membentuk sikap dan mental yang baik itu tidak bisa di dapatkan secara instan, tapi butuh proses, pengalaman serta membiasakan sikap positif dalam waktu yang cukup lama. Perlu anda ketahui bahwa suatu karakter yang dimiliki oleh seseorang akan berpengaruh terhadap tindakan yang akan d pilih dan di ambil oleh seseorang. Jika karakter yang dimiliki baik dan positif maka hasil yang akan di timbulkn juga baik dan berjalan sukses. Sikap-sikap yang harus anda miliki sebagai seorang pengusaha ialah sikap dan sifat berikut ini.
  • Rasa Percaya Diri
Sikap percaya diri tentunya sangat penting untuk dimiliki seorang pengusaha. Karena, sikap percaya diri mampu mendorong dan mengeluarkan segala potensi yang dimiliki. Selain itu, percaya diri juga sangat perlu dimiliki terutama ketika kita menawarkan suatu produk kepada konsumen atau dalam menjaring investor. Bagaimana konsumen atau investor bisa percaya dengan perusahaan dan produk yang dihasilkan jika kita sendiri terlihat tidak percaya diri dan tidak yakin.  Agar kepercayaan diri tertanam dalam diri anda, maka biasakanlah untuk mengatakan kepada diri sendiri bahwa, anda mampu melakukan segala hal yang dianggap mustahil oleh orang lain.
  • Sikap Leadership Sikap kepemimpinan juga harus dimiliki oleh seorang pengusaha terutama ketika anda sudah memiliki banyak karyawan. Perlu anda ingat, bahwa karyawan yang kita miliki juga berpengaruh terhadap sukses atau tidaknya perusahaan atau usaha yang kita miliki. Jangan anda anggap karyawan itu adalah budak anda, tapi jadikanlah karyawan anda sebagai aset, karena memang mereka itu aset anda tanpa mereka bisnis anda mungkin tidak akan jalan. Tunjukanlah sikap kepemimpinan anda dengan selalu melakukan bimbingan dan motivasi kepada karyawan anda.
  • Berkomitmen dan Disiplin
Sikap yang terpenting dan utama yang harus dimiliki seorang pengusaha ialah konsisten terhadap komitmen dan mempunya disiplin tinggi, keduanya merupakan salah satu kinci sukses yang sangat penting.

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.