Tips Praktis Dalam Mengontrol Keuangan Usaha
mengelola-keuangan-usaha-3 Sukses dalam membangun suatu usaha ternyata belum tentu memberi jaminan mendapat keuntungan besar bagi para pelaku usaha setiap bulannya. Kenapa bisa seperti demikian? Hal ini terjadi karena sebagian besar pengusaha masih belum mampu dalam pengelolaan keuangan yang baik. Maka, tak heran jika saat ini masih banyak wirausahawan yang masih pemula menekuni usaha selama bertahun-tahun, namun ia masih belum mampu dalam mendapatkan laba usaha yang maksimal. Oleh sebab itu supaya kondisi keuangan pelaku usaha bisa maksimal anda perlu mengontrol keuangan perusahaan anda dengan baik. Sekarang saya akan memberikan beberapa tips untuk anda dalam mengontrol alur keuangan pada usaha anda.
  • Susunlah Analisa Ekonomi Sebelum Merintis Sebuah Usaha
Agar kita mampu memprediksi dan melihat prospek usaha yang akan kita jalankan kedepannya, alangkah baiknya kita terlebih dahulu menyusun analisa ekonomi supaya ketika menjalankan usaha nanti, kita akan memiliki gambaran mengenai berbagai kemungkinan yang akan terjadi pada perusahaan serta memetakan besar modal yang harus di keluarkan, prediksi keuntungan serta waktu yang di butuhkan untuk balik modal.
  • Pisahkan Buku Laporan Pengeluaran Dan Buku Pemasukan
Setelah melakukan analisis ekonomi, langkah selanjutnya yang anda lakukan ialah melakukan pemisahan antara buku laporan pengeluaran dengan buku laporan daftar pemasukan ke perusahaan anda. Hal ini merupakan cara praktis untuk mengetahui dan mengamati sejauh mana keadaan atau kondisi keungan perusahaan anda.
  • Catat Semua Transaksi Dengan Teliti
Banyak pengusaha  terutama para wirausahawan pemula yang mengabaikan pencatatan transaksi, sehingga keuangan mereka tidak terkontrol dengan baik. Padahal, catatan keuangan dan transaksi sangatlah penting terutama untuk mengamati secara jelas mengenenai aktifitas bisnis yang dilakukan perusahaan setiap bulannya. Untuk memperkuat catatan transaksi anda lengkapilah dengan bukti transaksi, maka usahakan agar setiap bukti transaksi itu disimpan dengan baik.
  • ¬†Pisahkan Uang Laba Dengan Dana Operasional Usaha
Dalam melakukan pengelolaan usaha, yang harus anda lakukan ialah melakukan pemisahan antara uang laba dengan dana yang di butuhkan untuk operasional usaha. Dengan begitu, pelaku usaha bisa membuat alokasi dana untuk pengembangan usaha. Untuk dana operasional sendiri anda bisa mempergunakan anggaran yang sudah di tentukan setiap bulannya.

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.