Tips Menghindari Insomnia
insomnia_2 Ketika kita seharian bekerja keras sampai tenaga terkuras habis, sehingga kita akan merasa sangat kelelahan. Semuanya, akan terecovery atau terbayar dengan tidur pulas semalaman. Namun banyak orang yang justru ketika sudah malam dan waktunya tidur mereka malah susah untuk tidur meskipun sebenarnya sudah mengantuk. Biasanya situasi ini terjadi kepada 30-40 % orang dewasa, situasi ini juga di sebut dengan Occasional Sleeplessness. Jika situasi yang saya sebutkan tadi terjadi kepada anda, maka anda harus mewaspadainya karena bisa saja hal tersebut indikator dari masalah kesehatan tubuh anda. Nah untuk menghindari susah tidur atau Insomnia tersebut, yang harus anda lakukan ialah menghilangkan rutinitas atau kebiasaan jelek yang membuat anda terus terjaga di malam hari.
  • Jangan Berdiam Diri Diatas Kasur
Banyak orang yang susah tidur atau mengalami Insomnia, dalam mengusahakan dirinya supaya bisa tidur yaitu berdiam diri atau berbaring di kasur sambil memaksakan diri untuk tidur. Alih-alih mengharapkan dengan melakuka hal tersebut bisa tidur ,tapi malah masih susah tidur dan membuat anda prustasi. Nah, ketika dalam kondisi ini lebih baik anda bangkit dari tempat tidur anda dan cobalah melakukan kegiatan sejenak seperti membaca buku favorit. Cobalah arahkan fikiran anda ke hal-hal yang dapat mengarahkan anda fokus ke sesuatu hal, namun jangan ke hal yang terlalu menarik. Sesudah melakukan hal ini lalu cobalah kembali ke ranjang anda untuk kembali mencoba tidur, biasanya kali ini anda bisa lebih cepat tidur.
  • Hindri Bermain Internet Dan Gadget
Ketika anda akan tidur, hindarilah penggunaan tekhnologi-tekhnologi seperti Smartphone tablet, atau perangkat lainnya. Karena biasanya, ketika anda memegang gadget tersebut tergoda untuk internetan terlebih dahulu, seperti sekedar melihat facebook, twitter dan sebagainya. Sinar dari monitor laptop atau smartphone dan gadget lainnya bisa membuat anda terus terjaga di saat anda seharusnya tertidur lelap. Karena ketika mata anda demikian terang yang di akibatkan dari sinar layar ponsel, maka mata anda secara otomatis akan memberikan sinyal ke otak untuk terus dalam keadaan terjaga. Nah, untuk menghindari hal tersebut redupkanlah semua cahaya yang ada di rumah, optimalnya 3 jam sebelum tidur dan jangan lupa untuk menjauhi gadget yang saya sebutkan tadi.
  • Jauhi Kafein
Diantara anda mungkin sudah banyak mengetahui bahwa kafein bisa membuat terjaga, coba saja anda minum kopi pasti di jamin akan susah untuk tidur. Perlu anda tahu, bahwa dampak dari kafein itu akan hilang memerlukan waktu kurang lebih 6 Jam.
  • Jangan Lakukan Jogging Di Malam Hari
Olahraga yang dilakukan 2 jam sebelum tidur, akan membuat fisik anda tidak bisa tidur, hal ini terjadi karena ketika anda melakukan kegiatan fisik tadi mengakibatkan suhu tubuh akan mengalami peningkatan dan lebih tinggi dari suhu normal. Walaupun sebenarnya, pada malam hari suhu tubuh bisa menurun dengan cepat dan hal ini merupakan salah satu sinyal untuk otak bahwa anda saatnya untuk tidur, namun tetap saja bila anda melakukan aktifitas berat metabolisme akan naik, begitupun dengan detak jantung anda hal tersebut tentunya akan menutupi tanda tubuh atau sinyal tubuh ke otak yang memberitahukan waktu istirahat tadi. Jika anda mau berolahraga pun karena anda baru sempat olahraga di waktu-waktu sore. Maka lakukanlah sesi olahraga atau treadmill di sore hari saja agar menghindari insomnia.

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.