Mari Berkreasi dengan Kue santan Lapis Daun Singkong
sd Siapa yang tak mengenal singkong ,,? Tumbuhan ini dapat tumbuh dimana saja baik itu dataran rendah maupun dataran tinggi seperti pegunungan. Karena berada dimana-mana jadi tidak sulit untuk mencarinya. Beraneka kreasi makanan dapat dibuat dari bahan singkong ini. Dari mulai keripik hingga kue dapat dibuat dari bahan ini baik itu dari umbinya ataupun daunnya. Kali ini saya pun akan membagikan resef kue santan lapis daun singkong, bagi anda penggemar memasak ini ni yang cocok apalagi abgi pemula. Berikut cara pembuatannya. Pertama, kita siapkan terlebih dahulu bahan-bahannya yaitu :
  • 2 butir kelapa diparut dan diperas air santannya
  • 150 gram daun singkong, kemudian iris kasar
  • ½ sendok teh garam dapur
  • 1 sampai 2 lembar daun pandan
  • 250 gram tepung beras, sekarang sudah banyak yang praktis jadi gak perlu susah ke penggilingan beras ya..
  • 50 gram tepung kanji atau tepung tapioka
  • 250 gram gula pasir
  • Dan 2 sendok makan pasta pandan
Adapun cara pembuatannya adalah sebagai berikut : sdd
  1. Rebuslah terlebih dahulu santan, garam dan daun pandan. Kemudian didihkan sambil diaduk terus secara perlahan lalu diamkan
  2. Blender daun singkong tadi dengan sedikit santan hingga halus, kemudian saring dan sisihkan.
  3. Campurkan tepung beras, tepung kanji atau tapioka, dan gula, lalu tuangkan santan sedikit demi sedikit sambil terus diaduk.
  4. Siapkan loyang yang sudah dilumuri dengan minyak goreng dan diatasnya diberi plastik kue
  5. Bagi adonan tersebut menjadi dua bagian. Sebagian diberi cairan daun singkong dan pewarna hijau, kemudian aduk sampai rata dan saring. Sementara itu, siapka kukusan, lalu panaskan sampai beruap.
  6. Tuangkan lapisan awal 2 sampai 3 sendok sayur adonan hijau, lalu kukus selama 10 menit, bila sudah mengeras, tuangkan di atasnya adonan putih sebanyak 1 sampai 2 sendok sayur, kukus kembali selama 5 menit.
  7. Tambahkan 1 sampai 2 sendok sayur adonan hijau, kukus lagi selam 5 menit. Begitu seterusnya hingga adonan habis. Kemudian yang terakhir kukus kembali selama kurang lebih 30 menit, lalu angkat dan tiriskan.
Daun singkong ini ternyata mengandung protein cukup tinggi, zat aktif untuk obat-obatan, vitamin A dan C, dan mengandung serat sehingga dapat melancarkan buang air besar. Selamat Bereksperimen...!!!

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.