Tips Memperbaiki Laptop Yang Bisa Kita Lakukan Sendiri
memperbaiki laptop sendiri Sekarang ini hampir semua orang tidak bisa terlepas dari yang namanya alat elektronik termasuk komputer.  Komputer merupakan salah satu alat elektronik yang paling sering digunakan dalam intensitas tinggi dan memiliki kerja yang cukup berat. Komputer biasanya digunakan sebagai alat untuk membantu pekerjaan seperti menulis artikel, mengerjakan tugas makalah, skripsi, tugas kantor, editing foto dan sebagainya. Selain itu komputer juga sering dijadikan media untuk hiburan seperti main game, Internetan, nonton video dan sebagainya. Namun, kebanyakan orang lupa setelah melakukan kegiatan di komputer, mereka sering melupakan perawatan komputer. Padahal perawatan komputer sangatlah penting terutama untuk menghindari kerusakan hardware dan OS yang ada pada komputer. Bagi anda yang sering menggunakan komputer dalam intensitas tinggi atau tidak perawatan komputer tetap saja di perlukan. Namun, jika komputer anda terlanjur sudah mengalami masalah seperti sering mengalami lemot, program atau sistem kacau serta gangguan minor lainnya. Disini saya akan memberikan beberapa tips untuk melakukan perbaikan jika sudah terjadi hal-hal tersebut.
  • Update Sistem Operasi dan Software
Sebenarnya sudah seharusya OS dan Software pada laptop itu harus terus di update agar komponen-komponen yang masih memiliki kekurangan dalam kinerja bisa di perbaiki. Selain itu, dengan mengupgrade software dan OS dapat memperbaiki sistem keamanan dan kinerja yang menurun. Untuk mengupdate OS sebenarnya anda tidak perlu repot-repot melakukannya secara manual, anda bisa mensetting OS anda ke automatica updating dengan masuk ke control panel. Software-software komputer juga biasanya menyediakan update otomatis, oleh karena itu usahakan agar update otomatis tersebut selalu di aktifkan agar ketika kita lupa mengupdate, komputer kita sudah terupdate sendiri.
  • Membersihkan Kotoran
Kotoran atau debu yang masuk pada komputer memang tidak bisa dihindari. Maka dari itu usahakanlah untuk rutin melakukan pembersihan komponen-komponen laptop dari debu. Biasanya ketika debu menumpuk pada komputer anda. Komputer anda akan cepat panas dan “Menggerung” hal tersebut terjadi karena kotoran menghambat tingkat aliran udara. Jika debu dibiarkan dan mengganggu sirkulasi udara di dalam komputer hal tersebut bisa sampai merusak sistem karena temperatur yang tinggi.
  • Backup file
Banyak orang yang sering mengabaikan atau melakukan Back UP file. Padahal terkadang komputer kita rusak dengan tiba-tiba, hal tersebut tentunya sangat merugikan kita terlebih lagi karena file-file penting tertinggal di komputer kita. Maka, dari itu untuk menghindari penyesalan di kemudian hari usahakan agar rutin membackup file-file penting.
  • Perbaiki Performa Komputer dengan Menggunakan Program Maintenance
Sebenarnya untuk memperbaiki dan merawat OS komputer kita telah banyak software yang menyediakan dukungan perbaikan tersebut, seperti Tune Up utilities. Tune up sangat bermanfaat untuk pembersihan registry serta pekerjaan-pekerjaan maintenance lainnya. Hal tersebut akan sangat bermanfaat untuk memperbaiki sistem sehingga performa komputer menjadi lebih baik.

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.