Cara Penanaman dan Pemeliharaan Sayuran Kol
ko koll Sayuran kol adalah salah satu sayuran yang bermanfaat untuk pemenuhan gizi pada tubuh, karena dalam sayuran kol mengandung vitamin C, kombinasi vitamin dan mineral sangat bermanfaat untuk menurunkan berat badan, mencegah kulit kering, dan sembelit. Penanaman dan pemeliharaan sayuran kol jangan sembarangan harus ada aturannya, agar sayuran kol dapat tumbuh dengan baik Beberapa cara ubtuk menanam kol dan juga pemeliharaannya. Penanaman
  1. Tanah yang gembur sangat bagus untuk menahan air dan juga banyak mengandung humus
  2. Sayuran kol sangat baik kalau di tanam pada usia ke 40 hari
  3. Tanaman kol lebih bagus dalam iklim yang relativ rendah, di tanam diatas ketinggian 1000-2000 dpl.
  4. Pencangkulan harus di lakukan sebanyak dua kali, pencangkulan yang pertama dilakukan sedalam  30-40 cm, lalu dibiarkan selama 7 hari. Pencangkulan yang kedua dilakukan sekaligus mencampur dengan pupuk
Pemeliharaan.
  1. Biji harus di semai dengan di tabur, kemudian di siram setiap hari
  2. Setelah umur kira-kira 40 hari, maka kol siap di tanam, jarak tanam kira-kira 40-40 cm. kemudian siram setiap hari selama 2 minggu.
  3. Kemudian setelah 2 minggu penyiraman harus di atur kira-kira 3 hari sekali, karena kalau lebih dari 3 hari kol tidak akan kuat bisa-bisa mati kekeringan, karena yang paling penting dari pemeliharaan tanaman adalah pengairannya yang rutin.
  4. Pengobatan harus rutin di lakukan minimal seminggu sekali, lebih efektif dilakukan pada waktu pagi menjelang siang hari, agar obat yang sudah di semprotkan bisa menyerap, dan dimaksudkan untuk mencegah hama, penyakit, dan harus di lakukan penyiangan.
-          Hama, seperti ulat, harus di kendalikan dengan obat, dengan frekuensi 1 minggu penyemprotan -          Penyakit,  seperti busuk akar, busuk hitam, penyakit kaki gajah sampai saat ini belum bisa di atasi, kalu ada yang terserang maka segeralah di cabut -          Penyiangan, dilakukan dengan mencabut rumput-rumput atau dengan menggunakan herbisida. Panen Setelah hampir umur yang ke 90 hari maka sayuran kol siap untuk di panen, dan setelah pemanenan kol, maka akan tumbuh lagi kol, yang namanya sirung kol, maka itu juga bisa di panen.  

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.