Tips Persiapan Kesehatan Sebelum Berangkat Ibadah Haji
kabah-670x250 Tidak akan lama lagi bagi umat muslim yang mampu berangkat haji dari seluruh dunia akan berkumpul untuk melaksanakan rukun islam yang ke lima yakni ibadah haji ke Baitullah di tanah suci Mekkah. Mendapatkan Kesempatan untuk menunaikan Ibadah Haji merupakan sesuatu hal yang luar biasa dan membahagiakan, karena tidak semua umat muslim mendapatkan kesempatan untuk beribadah haji. Bagi yang mendapatkan kesempatan melaksanakan rukun islam yang ke lima tersebut, pasti tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan itu, mereka ingin melaksanakan ibadah dengan sungguh-sungguh dan penuh kekhusyuan agar nantinya mendapat Haji yang Mabrur. Namun, ketika pada pelaksanaannya sering kali hadir godaan yang menggoyahkan kekhusyuan ibadah umat muslim saat pergi haji salah satunya ialah faktor kesehatan. Oleh karena, itu sangatlah penting agar sebelum pergi haji menyiapkan mental serta fisik yang kuat dan sesehat-sehatnya. Nah, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan beberapa tips agar fisik tetap sehat dan bugar ketika akan melaksanakan ibdah haji.
  • Lakukanlah General Check Up
Agar anda mengetahui kondisi fisik anda apakah sehat sepenuhnya atau tidak. Maka, sebelum berangkat haji lakukanlah pemeriksaan kesehatan fisik secara keseluruhan ke dokter. Pemeriksaan fisik yang dilakukan misalnya Pemeriksaan Tensi darah, Pemeriksaan rekam Jantung, Rontgen dan sebagainya. Dengan Melakukan General Check Up sebelum berangkat Haji anda dapat Mencegah, mendeteksi dan mengobati secara dini beragam penyakit yang bisa saja timbul dari tubuh anda. Sehingga ketika pelaksanaan anda tidak was-was lagi dan bisa mengantisipasi terhadap kesehatan anda.
  • Vaksinasi¬†
Arab Saudi memiliki Iklim yang sangat jauh berbeda dengan negara kita, tubuh jemaah pun tidak akan langsung mudah beradaptasi. Selain itu pula, ketika masa Haji berlangsung jutaan orang berkumpul dalam satu tempat, hal tersebut memungkinkan penyebaran penyakit akan sangat cepat terutama melalui transmisi udara. Oleh karena itu maka tak heran banyak jemaah yang langsung terserang penyakit. untuk menghindari hal tersebut, maka pemberian vaksinasi sangatlah penting.
  • Tetap Berolahraga
Ketika ibadah haji anda jangan lupa berolahraga, agar kesehatan dan kondisi fisik tetap bugar. Lakukanlah olahraga-olahraga ringan sesuai dengan usia anda.
  • Selalu Konsultasi Dengan Dokter
Jika anda mempunyai beberapa penyakit dalam fisik anda, maka usahakan tanyakan kepada dokter anda hal apa saja yang tidak boleh dilakukan. Selain itu selalu bawalah obat-obatan yang di perlukan sesuai penyakit anda. Selain itu pula, tanyakanlah kemungkinan timbulnya penyakit ketika berada di tanah suci, dan bagaimana cara pencegahannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *