Uang
uangApa anda tahu uang itu apa? Bagaimana criteria uang tersebut dan apa fungsi uang itu? Jangan-jangan anda hanya tahu mencari dan menggunakan uangnya saja. Tapi tidak apa-apa, saya disini akan berbagi sedikit pengetahuan mengenai uang. Uang sudah digunakan oleh semua masyarakat luas. Zaman sekarang sangat sulit menemukan orang yang belum mengenal yang namanya uang, karena uang sudah digunakan setiap hari untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka dan juga sebagai alat perekonomian Negara. Sekarang uang sudah beralih menjadi multifungsi, jenis uangpun sekarang bervariasi. Uang adalah sesuatu alat yang diterima di masyarakat yang bisa digunakan untuk membayar barang / jasa ataupun membayar hutang. Uang hanya tidak hanya sebagai alat tukar, tapi juga sebagai penentu stabilitas dan kemajuan suatu Negara. Manfaat lain dari adanya uang adalah sbb:
  1. mempermudah untuk memperoleh dan memilih barang dan jasa dengan cepat
  2. mempermudah untuk menentukan harga barang dan jasa tersebut
  3. memperlancar proses perdagangan secara luas ke seluruh dunia
  4. bisa juga sebagai tempat menimbun kekayaan
Uang juga harus memenuhi persyaratan khusus yang diakui masyarakat luas. Criteria tersebut adalah
  1. Ada jaminan dari pemerintah Negara untuk menggunakan uang itu.
  2. Disukai oleh masyarakat umum
  3. Nilai uang tersebut haruslah stabil, jika tidak memiliki kestabilan maka orang yang menggunakanya sulit mempercayai menggunakannya.
  4. Uang tersebut harus fleksibel, artinya harus mudah disimpan baik dalam jumlah besar ataupun kecil, fisiknya tidak terlalu besar, nominalnya pun bervariasi.
  5. Uang itu mudah dibawa sehingga kemanapun bisa dipindahkan dari satu tangan ke tangan yang lain.
  6. Fisik uang harus benar-benar dijaga dan terjamin kualitasnya, maksudnya uang itu tidak mudah rusak, tidak gampang sobek atau luntur.
  7. Uang tentunya mudah dibagi ke dalam satuan unit yang tertentu dengan berbagai nominal demi kelancaran proses transaksi.
  8. Agar perdagangan dan usaha lancar, maka suplai keuangan harus elastic. Maksudnya apabila terjadi kekurangan atau kelebihan keuangan dengan cepat bisa diatasi sehingga tidak menggangu aktivitas masyarkata yang menggunakan uang.

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.