Sisa Minuman = Spa
Setiap hari anakku sukanya menyisakan susunya (susu formula). Hanya kadang-kadang saja menghabiskan susunya itu, entah karena kenyang minum atau apa, aku tidak persis tahu. Awalnya memang aku sering buang susu itu, karna jika lebih dari 1 jam tidak diminum, ya bisa jadi basi. Tapi ibuku bilang, jangan dibuang jika belum 1 jam, kita bisa buat yogurt untuk anakku dengan memblender susu itu dengan dicampur buah-buahan segar. Jika aku lupa tidak buat yogurt, ya jelas aku buang. Suatu hari, aku tidak sengaja menyimpan susu sisa itu di lemari es lebih dari 3 hari. Aku ambil susu di wadah dan aku lihat ada gumpalan-gumpalan (endapan) pada susu tersebut. Tadinya aku ingin buang aja, tapi aku berinisiatif untuk memakai endapan itu (sebut saja dedaknya,, ^_^) pada kulit, seperti spa di salon heheheh. Awalnya memang ragu, tap ternyata ini berhasil. Aku pakai dedak itu di kulit wajah, tangan, dan kaki. Didiamakan sekitar 10 menit, di cuci dengan air hangat dan mengelap sisa airnya di wajah dengan handuk secara perlahan. Lalu aku raba wajahku ternyata kulitku menjadi lebih halus, lembut, dan wajahku jadi bercahaya. Benar sekali, setelah aku baca-baca di internet bahwa sisa susu bayi itu bermanfaat lho buat kulit kita. Disamping manfaat susu itu sendiri bagus untuk tubuh kita (mengurangi / mencegah osteoporosis), ternyata ini juga bagus untuk dijadikan spa di rumah tanpa harus bayar mahal seperti di salon-salon. Akhirnya, aku pakai endapan susu itu setiap hari. Tidak hanya sisa susu yang bisa dipakai untuk spa, tapi kopi juga lho. Kita semua tahu bahwa dedak kopi ini bisa menjadi bahan lukis di media kaca, seperti piring, gelas, pajangan-pajangan atau media lainnya. Dedak kopi ini juga bisa kita gunakan juga sebagai spa murah di rumah. Caranya:
  1. Kopi yang sudah habis, tentu ada sisa dedaknya disimpan (atau jika banyak, satukan saja dalam 1 wadah), tapi agak ada air kopinya sedikit biar tidak terlalu kasar.
  2. Setiap pagi / menjelang tidur, pakai dedak kopi itu di kulit yang anda suka (jangan pada kulit yang sedang luka / area sensitive menurut anda)
  3. Diamkan selama 10 – 15 menit
  4. Setelah kering, bilas dengan air hangat.
Sebenarnya, sama saja penggunaan susu dan kopi ini, hanya saja jika susu sisa harus kita tunggu beberapa hari agar endapannya bisa kita pakai, kalau dedak kopi bisa langsung dipakai hari itu juga. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.