Fakta Unik Tentang Kopi
kopi Kopi merupakan minuman favorit bagi sebagian orang yang ada di dunia ini. kopi memang merupakan salah satu minuman yang sangat nikmat, terutama jika di seduh di pagi hari untuk mengawali aktifitas. Saat sekarang ini kopi bukan hanya minuman yang berfungsi untuk menghilangkan kantuk, namun lebih dari itu kopi sudah menjadi tren gaya hidup. Sekarang, sudah banyak kedai kopi tradisional maupun modern yang hadir di pinggir jalan atau cafe lainnya. Kopi seringkali di jadikan minuman untuk menemani kehangatan kebersamaan ketika nongkrong bersama teman maupun keluarga. Manfaat dan efek buruk dari kafein yang ada pada kopi memang masih di perdebatkan, namun terlepas dari itu konsumsi kopi di dunia sangatlah banyak dan bahkan terus meningkat. Diperkirakan ketika di tahun 2010 saja produksi kopi dunia sudah mencapai 7 juta ton, apalagi sekarang mungkin sudah mencapai produksi yang lebih dari itu. Berbicara mengenai kopi, ada beberapa fakta unik yang harus anda tahu para pecinta kopi, yang diantaranya ialah sebagai berikut ini.
  • Sejarah Panjang Kopi
Tahukah anda para penikmat kopi, bahwa minuman yang sering anda minum tersebut memiliki sejarah yang sangat panjang. Sejarah kopi berawal dari cerita seorang pengembala kambing dari Abbesyina atau sekarang tempat tersebut bernama Ethiopia di abad ke-9 yang menemukan tumbuhan yang sekarang dinamai kopi saat ia mengembalakan kambing-kambingnya. Penemuan minuman kopi tersebut lalu lambat laun menyebar ke daratan Mesir dan yaman, yang kemudian menyebar lebih luas sampai ke persia, turki, dan juga Afrika utara.
  • ¬†Kopi Luwak, Kopi Ternikmat Di Dunia
Bagi pecinta kopi pasti tidak asing dengan jenis kopi yang satu ini, serta kita sebagai bangsa indonesia juga patut bangga karena kopi ini adalah kopi yang asli berasal dari Indonesia. Konon kabarnya, proses produksi kopi luwak ialah pertama binatang yang dinamakan luwak memakan biji kopi, biji kopi yang dimakan luwak tersebut bukan kopi biasa loh,,tapi karena insting luwak yang sangat baik dalam memilih biji kopi, maka kopi yang ia makan adalah kopi terbaik. Kemudian setelah di makan luwak tadi kopi akan di proses oleh tubuh luwak secara alami dan kotoran kopi nya lah yang dijadikan kopi luwak. Tahukah anda bahwa kopi luwak harga nya super duper mahal, harga 1 kg dengan harga internasional ialah US$ 300 sampai US$ 600.
  • Pada Awalnya, Kopi Di Larang Di Beberapa Negara
Kopi memang sangat di sukai banyak orang, namun dalam perjalanannya kopi banyak melalui pertentangan. Seperti di Italia yang awalnya di negara tersebut pendeta yang ada di sana melarang umatnya untuk minum kopi, karena mereka menyatakan bahwa kopi di sebarluaskan sultan-sultan muslim untuk menggantikan minuman anggur. Tidak hanya dinegara tersebut, dalam perjalanannya kopi juga di larang di kerajaan Utsmaniah yang mengeluarkan larangan membuka kedai kopi. Namun, saat sekarang ini kopi memang sudah di perbolehkan dan menjadi minuman favorit masyarakat dunia.
  • Indonesia Pernah jadi Eksportir kopi terbaik dan terbesar di Dunia
Tahukah anda bahwa dulu Indonesia pernah menjadi negara pengekspor dan penghasil kopi terbaik di dunia, hal tersebut terjadi sebelum tahun 1880-an. Namun, setelah tahun tersebut terjadilah wabah hama karat yang menyerang tumbuhan kopi sehingga hama tersebut sempat memusnahkan kopi di Indonesia.

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.