Tips Agar Gaji Tidak Cepat Habis


Tips Hemat belanja





Bagi seorang karyawan atau Pegawai Negeri Sipil yang mendapat gaji bulanan secara rutin biasanya sering sekali mengalami gaji yang habis sebelum akhir bulan, bahkan banyak juga yang hanya mampu memepertahankan uang gaji sampai pertengahan bulan. Terutama bagi karyawan atau PNS yang gajinya belum terlalu besar.  Nah, otomatis jika kita mengalami hal tersebut di kemudiannya anda pasti akan mengalami masalah keuangan. Anda akan berhutang kesana-kemari untuk menutupi biaya kebutuhan sisa hari sebelum gajihan. Menambah hutang sebenarnya solusi paling buruk untuk menyelesaikan sementara masalah keungan. Meminjam uang hanyalah akan membuat anda pusing dan tambah stress selain harus memikirkan pekerjaan anda pun akan memikirkan hutang. Nah, oleh karena itu anda harus mengetahui trik dan tips agar anda tidak mengalami hal tersebut.

Disini saya telah menyiapkan beberapa tips supaya gaji anda tidak cepat habis dan mencukupi selama sebulan. Ok, silakan perhatikan tips berikut.

  • Lakukanlah Budgeting

Ketika anda akan mendapatkan gaji untuk sebulan. Maka anda harus segera siap-siap untuk mencatat segala pendapatan dan pengeluaran selama sebulan. Catatlah mulai dari pengeluaran rutin ataupun pengeluaran tak terduga. Estimasikan segala biaya kebutuhan anda dan sesuaikan dengan pendapatan. Untuk lebih tepat dalam melakukan Budgeting lakukanlah perkiraan dengan melihat pendapatan dan pengeluaran bulan sebelumnya dan jangan lupa agar menyisihkan uang anda untuk ditabung.

  • Prioritaskan Tagihan Rutin

Agar pengelolaan keuangan anda lebih mudah, ketika anda mendapatkan gaji usahakanlah untuk langsung memisahkan uang untuk membayar tagihan yang bersifat urgent seperti tagihan listrik, telefon, Air, ataupun Asuransi. Setelah itu usahakanlah untuk membayarnya langsung tepat waktu, agar gaji anda tidak habis sebelum tagihan rutin di bayar. Kalau gaji habis dan tagihan belum d bayar, di jamin anda akan pusing setengah mati. Saya sarankan agar anda mempermudah anda dalam melakukan hal tersebut. Buatlah daftar tagihan atau biaya rutin harian dalam sebuah amplop. Nah masukan biaya kebutuhan-kebutuhan anda dalam amplop yang berbeda-beda lalu masukan uang untuk biaya pengeluaran pada amplop tersebut.

  • Kartu Kredit

Bagi sebagian orang kartu kredit pasti menjadi salah satu faktor yang mengacaukan budgeting anda, karena biasanya kita sering menemui diskon atau penawaran menarik membuat seseorang akan cenderung langsung menggunakan kartu kreditnya. Padahal, tidak semua penawaran menarik tersebut benar-benar dibutuhkan. Saran saya, agar anda tidak terlalu tergoda untuk menggesek kartu kredit anda. Maka, lebih baik simpanlah kartu kredit anda dengan meninggalkannya di rumah. Dengan begitu, setidaknya ketika anda tertarik membeli sesuatu anda akan tertahan karena tidak membawa kartu kredit. Gunakanlah kartu kredit dengan bijak untuk keperluan yang penting-penting saja.

  • Lakukan pemangkasan pengeluaran

Ketika kita melakukan budgeting perhatikan baik-baik . apakah ada pengeluaran yang bisa di pangkas dan di hemat. Bila ada yang bisa di pangkas atau ada pengeluaran yang sebenarnya tidak perlu maka usahakan untuk memangkas biaya tersebut.

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.