Reaksi Tubuh Kita, Ketika Sedang Patah hati


Efek Patah Hati





Mengalami patah hati adalah hal yang paling umum ketika kita sedang menjalani sebuah jalinan asmara. Tak jarang ketika kita sedang mencoba membangun sebuah hubungan mengalami gangguan dan rintangan yang terkadang membuat keretakan di saat menjalani hubungan tersebut bahkan tak jarang pula yang sampai hubungannya berakhir atau putus. Hal tersebut pastinya akan membuat kita patah hati dan hidup terasa hancur bahkan ada yang sampai mengalami stress yang berlarut-larut. Mengalami putus cinta memang sangatlah berat untuk dijalani, terlebih lagi ketika berada di posisi pihak yang di putuskan. ketika anda sedang mengalami patah hati tubuh anda seperti merespon dengan terasa sakit dan sesak di dada hingga merasuk kejantung.

ketika anda mengalami patah hati atau hati anda terasa hancur sering kali pasti anda mengira bahwa hal tersebut hanya akan mengganggu psikologis anda saja. Padahal, ketika anda mengalami sakit hati bukan hanya dari segi Psikologis yang akan anda derita tapi secara fisik juga. Sensasi ketika anda sakit hati yang terasa sakit pula pada jantung anda seperti di tekan itu sebenarnya bukan hal biasa, hal tersebut merupakan hormon yang ada dalam tubuh yang berperan terhadap rasa sakit tersebut. Dan perlu anda tahu bahwa sakit yang terasa menekan pada jantung itu tidak berkaitan langsung dengan mental.

Naomi Eisenberger,PhD dari University Of California mengungkapkan bahwa, ketika anda mengalami situasi patah hati atau sakit hati otak anda secara otomatis akan mengirimkan sinyal kebagian tubuh lain dan memberitahukannya bahwa anda sedang mengalami sakit. nah, hal ini lah yang membuat bagian tubuh lain seperti sakit. Karena otak tidak bisa mengatasi hal tersebut sendirian.

Media berita Female First juga mengungkapkan bahwa otak mempunyai banyak hormon salah satunya ialah hormon bahagia yang dalam bahasa ilmiahnya oksitosin dan dopamin. nah, ketika anda merasa patah hati maka kedua hormon tersebut akan pergi dan digantikan dengan hormon stress.

ketika anda sudah memasuki situasi stress maka otak akan mengirimkan hormon yang dinamakan kortisol dan epinephrine. hormon tersebut biasanya akan lari kedada sehingga dada anda akan terasa sesak dan sakit ketika berada pada situasi sakit hati.  Selain itu, hormon ini juga akan mengakibatkan aliran darah ke perut menjadi tidak lancar. Nah, hal inilah yang biasanya membuat kita tidak enak makan. Selain itu pula ketika anda merasa sakit hati maka tubuh kita akan sangat mudah sakit seperti flu,pilek dan juga demam.

 

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.