Tips Sehat Agar Duduk Lama Depan Komputer Tetap Aman
183629_work Hello guys, J Bagi seorang pekerja kantoran, blogger, Gamer atau Freelance Writer seperti saya, duduk lama di depan komputer adalah kebiasaan rutin setiap hari. Terkadang kita sampai lupa waktu berjam-jam nongkrong di depan komputer sambil ngerjain tugas kerjaan. Tak jarang setelah kita berlama-lama duduk di depan layar komputer sering kali kita merasakan rasa sakit seperti pegal pada tubuh kita. Tahukah anda, bahwa ternyata terlalu lama duduk di depan layar komputer bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan maupun perubahan postur tubuh kita. Melakukan kebiasaan buruk sering duduk lama di depan layar komputer dengan posisi duduk yang bisa menimbulkan banyak efek samping yang nantinya akan dirasakan dalam efek jangka panjang seperti ketidak seimbangan pada gula darah, memperlambat metabolisme tubuh, sirkulasi tubuh menjadi turun dan juga mempengaruhi postur otot bahkan tulang. Seorang pakar kesehatan yang bernama Dr.Helen  Lee, Dc,. Memberikan beberapa tips kepada kita, agar kita tetap aman ketika berada lama di depan layar komputer. Berikut tips yang ia berikan seperti dikutip dari She Knows.
  • Taruhlah Bantal Kecil Saat Duduk
Supaya pinggang kita tidak terlalu sakit atau bahkan terhindar dari sakit pinggang. Dr. Lee menyarankan agar kita menaruh sebuah bantal kecil di belakang punggung bagian bawah. Dengan begitu kita akan terasa lebih nyaman saat duduk dan membuat kita lebih merasa rileks.
  • Posisi Duduk Yang Tepat
Ketika kita berada di layar komputer dalam waktu yang lama setelahnya pasti kita merasakan pegal-pegal pada bagian tubuh kita. Salah satu akibat dari efek tersebut ialah karena kita salah dalam posisi duduk. Berikut ini ialah posisi duduk yang benar.
  1. Letakkan dan luruskanlah kedua kaki anda di atas lantai dengan posisi lutu lebih tinggi dari pada bangku atau pinggul anda.
  2. Buatlah posis siku tangan anda agar nyaman terutama saat mengetik di depan layar komputer dengan bahu tetap lurus.
  3. Kepala menghadap lurus.
  4. Fokuskan diri anda pada pernafasan, sering kali ketika kita berada di depan layar komputer tanpa disadari kita sering menghentikan nafas kita atau memperlambat hirupan nafas. Oleh karena itu, fokuskanlah diri anda pada pernafasan perut ketika anda berlama-lama di depan komputer.
  • Banyak Minum Air
Ketika berlama-lama di depan komputer cairan pada tubuh kita terkuras habis, dan ketika kita dehidrasi biasanya posisi duduk jadi menurun atau keposisi yang salah.
  • Bergerak
Ketika sedang akan berlama-lama di depan layar komputer. Usahakan agar setiap 15-30 menit sekali melakukan gerakan-gerakan ringan.

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.