Fakta Unik Tentang Mata Manusia
190158_priaberbohong Mata merupakan salah satu bagian organ penting dari Panca Indera yang berperan sangat vital. Dengan mata yang dianugerahkan Allah SWT, kita dapat menikmati dan melihat begitu indah dan luar biasa cipataan-Nya. Tahukah anda bahwa mungkin tanpa anda sadari, mata itu mempunyai beberapa keunikan dan fakta menarik. Simak fakta unik tersebut pada ulasan berikut.
  • Setiap Orang  Membutuhkan Kaca mata di masa Tuanya
Menurut sebuah penelitian bahwa 99% manusia yang ada di muka bumi ini akan membutuhkan sebuah kaca mata baca untuk membantu penglihatannya mulai dari usia 43 dan 50 tahun. Karena secara bertahap lensa mata kita akan mengalami penurunan kemampuan untuk fokus seiring dengan semakin bertambahnya usia.
  • Lensa Mata bergerak lebih Cepat Dari Pada lensa Kamera Manapun
Tahukah anda bahwa di belakang pupil mata kita terdapat lensa alami yang mempunyai fungsi memfokuskan penglihatan atau pandangan ke objek tertentu. Setiap kali kita melakukan pandangan terhadap benda atau objek yang jaraknya berbeda maka lensa mata berubah-ubah fokusnya untuk menyesuaikan dengan sangat cepat.
  • Mata akan berkembang Di Usia 7 Tahun
Di usia 7 tahun mata telah berkembang secara sempurna. Secara fisiologis pada usia tersebut mata pada usia 7 tahun telah mirip dengan mata pada orang dewasa.
  • Mata berkedip 15.000 kali setiap harinya
Berkedip merupakan kegiatan yang dilakukan semi otomatis. Kenapa demikian, karena mata kita berkedip kadang tanpa kita sadari, akan tetapi dalam keadaan sadar kita juga bisa mengedip ngedipkan mata sesuai yang kita inginkan bila diperlukan. Tahukah anda faktanya mata kita setiap harinya berkedip sekitar 15.000 kali. Berkedip merupakan kegiatan semi otomatis yang berfungsi sangat penting, salah satunya berfungsi sebagai pembersih kotoran pada mata kita. Atau jika di analogikan fungsi berkedip itu seperti wiper pada kendaraan. Jadi membersihkan kotoran  dan menghapus segala sesuatu yang dapat mengganggu pandangan kita.
  • Setiap orang akan mengalami katarak pada masa tuanya
Banyak orang yang tidak menyadari bahwa katarak merupakan konsekuensi normal yang akan di alami ketika sudah masuk pada masa tua. Kita dapat menganggap bahwa katarak sama halnya dengan rambut kita yang beruban pada masa tua. Rata-rata kita akan mengalami katarak di usia 70-80 tahun.
  • Mata akan berair ketika mata kering
Jika anda ingin membuktikan bahwa mata akan berair ketika mata kering. Silakan coba melekan mata anda tanpa berkedip selama beberapa saat dan apa yang terjadi kemudian? Mata anda dengan sendirinya akan mengeluarkan air di saat mata tersebut menjadi kering. Otak kita dengan otomatis akan menanggapi kekeringan di mata kita dengan mengeluarkan air ekstra.  

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.