5 Manfaat Senam Kegel untuk Ibu Hamil

Apakah Anda pernah mendengar senam kegel? Senam satu ini sering dilakukan ibu hamil yang sedang menunggu persalinan. Bahkan beberapa wanita juga melakukannya selama masa kehamilan. Kegel sendiri termasuk latihan fisik untuk menguatkan dan mengencangkan otot dasar panggul. Manfaatnya spesifiknya bisa Anda lihat di artikel ini!

Manfaat Senam Kegel yang Perlu Anda Ketahui

Langsung saja, inilah berbagai manfaat dari latihan kegel:

1. Membantu Mengontrol Kandung Kemih

Wanita yang memasuki usia persalinan biasanya akan lebih sering buang air kecil. Dorongan pada kandung kemih memang memicu hal tersebut. Selain itu, ada risiko masalah inkontinensia urine. Kegel menjadi salah satu cara mengontrol kandung kemih dan meminimalisir risiko inkontinensia urine. 

2. Mencegah Pelvic Organ Prolapse

Pelvic organ prolapse atau prolaps organ panggul adalah masalah yang terjadi saat jaringan dan otot tidak mampu menopang organ di panggul. Akibatnya, organ akan turun dari posisi normalnya. Latihan kegel bisa membantu mencegah terjadinya pelvic organ prolapse yang sering terjadi pada wanita pasca melahirkan.

3. Menurunkan Risiko Inkontinensia Alvi

Inkontinensia alvi pasca persalinan berisiko besar dialami oleh wanita dengan robekan derajat ketiga atau keempat. Anda tentu saja tidak ingin hal tersebut terjadi bukan? Oleh sebab itu, lakukan latihan Kegel secara rutin untuk membantu menurunkan risikonya. 

4. Mempercepat Proses Persalinan

Proses persalinan yang lancar tentu saja menjadi harapan semua orang. Salah satu cara mempercepat proses persalinan yaitu melakukan latihan kegel. Pasalnya, latihan ini bisa membantu menguatkan otot dasar panggul. Selain itu, latihan kegel juga bisa mengurangi risiko robekan di jaringan panggul.

5. Mempercepat Proses Pemulihan Pasca Melahirkan

Manfaat terakhir yaitu mempercepat proses pemulihan pasca melahirkan. Latihan kegel dapat melancarkan sirkulasi darah sehingga proses regenerasi jaringan berjalan dengan baik. Manfaat lain kegel yaitu membantu mengatasi wasir akibat komplikasi persalinan. 

Melakukan senam kegel menjadi salah satu cara terbaik mempersiapkan persalinan. Selain itu, jangan lupa menyiapkan perlengkapan bayi berupa popok. MAKUKU SAP Diapers adalah yang terbaik. Struktur inti SAP dan belly button u shape bisa melindungi Si Kecil. Jangan lupa segera beli MAKUKU SAP Diapers di toko terdekat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *