Inilah Link Download Aplikasi Bansos dari Kementerian Sosial

Inilah Link Download Aplikasi Bansos dari Kementerian Sosial

Hadirnya aplikasi banso menjadi salah satu platform untuk mempermudah penyaluran bantuan agar tepat sasaran. Aplikasinya pun bisa kita download di HP yang biasa digunakan. Bagi yang sedang mencari link download aplikasi bansos, kami akan membagikannya di sini, jadi pastikan Anda menyimak artikel ini hingga selesai. Di sisi lain, aplikasi bansos saat ini sudah menyediakan berbagai macam fitur yang lengkap dan canggih. Terlebih Kementerian Sosial juga terus melakukan update sistem agar aplikasi tetap berjalan dengan baik dan menambah fitur yang diperlukan seiring dengan berjalannya waktu.

Fitur Terbaru pada Aplikasi Bansos

Aplikasi ini memiliki dua fitur yang bisa membantu pengguna untuk mengaksesnya dengan mudah. Penggunanya saat ini menggunakan ID yang sudah diverifikasi dan juga diaktivasi oleh admin Kementrian Sosial untuk login. Pemilik ID nantinya bisa memberikan tanggapan terkait kelayakan penerimaan manfaat dari bantuan sosial yang dianggap tidak layak mendapatkan bantuan. Untuk menggunakan fitur tersebut Anda hanya perlu memilih icon yang tersedia, kemudian mengisi alasan, pernyataan dan mengirim tanggapan. Pemilik ID pengguna juga bisa mendaftarkan diri untuk menerima bantuan sosial pada aplikasi tersebut. Selain mendaftar untuk dirinya sendiri, juga bisa mendaftarkan keluarga, fakir miskin dan masyarakat lain yang masih sama berada pada satu desa. Fitur usul juga bisa menjadi fasilitas untuk masyarakat luas agar berpartisipasi dalam penyaluran bantuan agar tepat sasaran. Itulah kenapa, aplikasi ini bisa digunakan untuk mendaftar bagi diri sendiri maupun orang lain karena mengajak masyarakat untuk turut serta berperan dalam program bantuan sosial.

Cara Kerja Aplikasi

Aplikasi ini memiliki cara kerja dua arah, pertama untuk para penggunanya yang mengirim masukkan maupun mendaftar bansos dan kedua yaitu untuk admin aplikasi terkait. Artinya, admin aplikasi juga bisa mengakses informasi hasil dari masukkan dan juga pendaftaran user. Respon masyarakat pada aplikasi terkait, maupun usulan, nantinya akan masuk ke dalam dashboard aplikasi Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial Next Generation (SIKS-NG user supervisor. Dashboard sistem tersebut bisa diakses oleh Dinas Sosial Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia. Di menu dashboard ini, para supervisor di tingkat Kabupaten/Kota harus melakukan verifikasi pada data di dalam tabel yang tampil yang dikirim oleh user. Dinas Sosial terkait nantinya akan melakukan verifikasi data dengan melakukan pengecekan kesesuaian informasi yang sudah disampaikan. Dinas Sosial terkait akan mendata ke lapangan, lalu kemudian data yang sudah diverifikasi tersebut akan disetujui lalu kemudian dikirimkan ke dalam usulan baru. Melalui sistem ini, penyaluran dan penerimaan bantuan sosial bisa tepat sasaran karena masyarakat yang ikut turut serta dalam pendaftaran maupun masukkan yang disampaikan melalui aplikasi.

Cara Menggunakan Aplikasi Bansos

Aplikasi ini bisa Anda dapatkan dengan mudah. Anda bisa mendapatkannya melalui Play Store. Silahkan Anda unduh aplikasinya untuk mulai menggunakannya. Aplikasinya pun ringan dan mudah sekali untuk digunakan. Silahkan Anda login pada aplikasi dan mengikuti arahan-arahannya. Setelah berhasil, Anda bisa langsung menggunakannya. Fungsi utama dari aplikasi yaitu untuk mendaftarkan penerima bantuan sosial. Contohnya, jika Anda punya ibu atau nenek yang sudah lansia di rumah, Anda bisa mendaftarkannya melalui aplikasi tersebut. Dengan begitu, aplikasi ini akan mempermudah para penggunanya untuk bisa mendapatkan bantuan sosial. Aplikasi tersebut juga merupakan sebuah inovasi dari Kementrian Sosial untuk masyarakat luas. Untuk mendaftarnya, silahkan pasang aplikasi Cek Bansos yang ada di Play Store. Setelah itu, Anda bisa langsung menggunakannya.

Link Aplikasi Bansos

Kamu bisa mengunduh aplikasi langsung melalui link berikut. Anda juga bisa langsung membuka aplikasi Play Store jika ingin cepat mengunduhnya, lalu ketik aplikasi Cek Bansos. Pastikan aplikasinya dikeluarkan oleh Kementerian Sosial Republik Indonesia. Cek pada informasi developer untuk mengetahuinya lebih detail. Silahkan Anda unduh, pasang kemudian login pada aplikasi untuk menggunakannya. Anda juga bisa menyampaikan masukkan dan berbagai aspirasi lainnya pada aplikasi agar penyaluran bantuan sosial bisa tepat sasaran. Itulah informasi seputar link download aplikasi Bansos resmi dari Kementrian Sosial Republik Indonesia. Gunakan aplikasi tersebut untuk mendaftar penerimaan bantuan sosial Anda dan orang di sekitar.