Tips Mendapatkan Info Beasiswa S2

Ingin melanjutkan pendidikan kuliah ke jenjang S2? Kini Anda bisa mendapatkan peluang tersebut melalui info beasiswa S2 yang saat ini banyak disediakan oleh beberapa universitas. Dengan kesempatan ini, Anda bisa menghemat pengeluaran biaya.

Namun sebelum itu, simak berikut tips bagaimana cara mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan pendidikan ke S2.

  1. Belajar TOEFL dan IELTS

Belajar TOEFL dan IELTS bisa menjadi salah satu kesempatan bagi Anda yang ingin mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan S2. Bahkan beberapa universitas memberikan syarat untuk mempelajarinya untuk yang ingin mendapatkan beasiswa.

Kenapa TOEFL dan IELTS ini penting? Pasalnya, saat ini proses kuliah S2 di dalam negeri umumnya menggunakan kata pengantar Bahasa Inggris untuk beberapa mata kuliah. Itulah yang menjadi salah satu alasan kenapa memiliki kemampuan Bahasa Inggris itu penting.

  1. Memilih Jurusan di Bidang yang Sama

Masuk bidang yang sama di sini yaitu, jurusan yang sama dengan kuliah Anda waktu S1 sebelumnya. Carilah beasiswa S2 yang satu fakultas dengan jurusan S1 Anda dulu. Contohnya, jika Anda lulusan S1 sastra, maka pilihlah jurusan S2 yang masih sama-sama satu fakultas.

Cara ini juga bisa membantu memperbesar kemungkinan Anda untuk mendapatkan beasiswa S2. Pada saat interview untuk mendapatkan beasiswa, Anda akan ditanya lulusan kuliah apa sebelumnya, dengan memilih jurusan yang sama, kemungkinan kamu bisa diterima.

info beasiswa S2
info beasiswa S2
  1. Melakukan Riset Terkait Jurusan Kuliah

Cari tahu terlebih dahulu apa saja jurusan kuliah yang saat ini tersedia dalam penawaran beasiswa di beberapa universitas di tanah air. Lakukan riset terkait mata pelajaran apa saja yang nanti akan Anda pelajari. Selain itu, ketahui juga nilai minimal supaya Anda bisa masuk ke jurusan terkait.

Riset juga terkait syarat-syarat yang Anda perlukan untuk memenuhi persyaratan jurusan kuliah terkait. Contohnya, syarat penelitian ilmiah terbaru, atau harus mencantumkan penelitian selama kuliah di fakultas S1.

  1. Mencari Tahu Lembaga yang Menyediakan Beasiswa

Perlu Anda ketahui, tidak semua lembaga, atau universitas menyediakan beasiswa S2, maka dari itu, Anda harus mencari tahu terlebih dahulu universitas mana saja yang menyediakannya.

Saat ini ada cara yang paling mudah untuk mencari tahunya. Yaitu melalui internet. Anda bisa cek informasinya langsung melalui situs official universitas terkait.

  1. Membuat Esai

Sebelum mendaftar beasiswa, buatlah esai sebaik mungkin. Untuk membuat sebuah esai yang bagus, Anda harus jujur dan apa adanya. Selain itu, jangan pernah memasukkan informasi yang tidak sesuai. Pasalnya, jika ada informasi yang tidak sesuai pada esai, maka akan mengurangi penilaiannya.

Setelah Anda membaca esai, Anda bisa meminta orang-orang terdekat untuk menilai atau membacanya. Setelah itu, mintalah saran atau komentar jika ada kekurangan pada esai yang Anda buat. Setelah itu, perbaikilah esai yang masih tidak sempurna.

  1. Memperbanyak Kegiatan Sosial

Mulailah untuk memperbanyak kegiatan sosial atau komunitas. Tujuannya agar Anda tampak lebih menonjol dari pelamar beasiswa yang lainnya. Hal ini juga tidak kalah penting karena akan menjadi nilai tambah bagi Anda.

Jika sekarang Anda sudah bekerja, atau selama kuliah Anda tidak memiliki banyak pengalaman, Anda bisa memulainya di tempat kerja. Selain itu juga bisa mengikuti komunitas atau kegiatan sosial. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan pengalaman kegiatan komunitas.

Universitas Indonesia saat ini menyediakan info beasiswa S2. Bagi Anda yang ingin tertarik, Anda bisa langsung mengunjungi situs resminya untuk membuka peluang mendapatkan beasiswa dari salah satu universitas ternama di Indonesia tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *