Berapa Seharusnya Kadar Gula Darah Normal di Tubuh

Gula darah normal di tubuh

Kadar Gula Darah Normal di Tubuh

Mempunyai kadar gula darah normal di tubuh begitu penting karena dapat menunjang kinerja tubuh serta membuat tubuh menjadi tetap sehat. Namun apakah Anda mengetahui berapa kadar gula darah yang harus Anda miliki? Sebenarnya kadar gula darah tidak memiliki patokan angka baku, kadar ini dapat berubah sebelum dan sesudah Anda makan.

Setelah makan, sistem pencernaan akan memecah karbohidrat kedalam bentuk glukosa yang dapat diserap di aliran darah. Zat ini begitu penting untuk sumber sel tubuh Anda. Darah mengalirkan zat ini ke sel tubuh untuk menjadikannya sebagai energi. Namun, zat ini harus melewati sebuah pintu untuk memasuki sel tersebut. Hormon yang memiliki peran untuk membuka pintu ini ialah insulin. Insulin dihasilkan pankreas. Sesudah memasuki sel, zat gula akan dibakar menjadi energi. Gula yang lebih akan disimpan di hati dan digunakan dikemudian hari.

Menjaga gula darah yang normal memang begitu penting. Gula darah yang terlampau rendah atau terlampau tinggi bisa berdampak negatif di tubuh. Bila gula darah Anda terlalu lemah bisa terjadi hipoglikemia dan jika terlalu tinggi bisa menjadi hiperglikemia. Bila gula Anda berada di bawah 70 mg/dl Anda akan mengalami hipoglikemia dan jika lebih dari 200 mg/dl bisa terjadi hiperglikemia. Efek gula darah yang terlalu rendah bisa seperti tubuh lemas, kulit menjadi pucat, kelelahan, gelisah, kelaparan, kesemutan yang berada di bagian mulut. Namun apabila gula darah terlalu tinggi penderita akan mengalami sering haus, lapar, bobot tubuh menjadi berkurang.

Agar gula darah normal tetap Anda miliki, Anda bisa melakukan olahraga rutin. Dengan melakukan olahraga secara rutin, Ana dapat menstabilkan gula darah. Lakukan olahraga 2,5 jam per minggu dengan teratur. Anda dapat melatih kekuatan otot tubuh karena peranannya untuk menyimpan dan menggunakan gula begitu besar, selain itu olahraga akan membuat kadar gula Anda menjadi tetap normal. Selain itu Anda bisa mengurangi pengonsumsian makanan dan minuman manis. Jika ingin mengkonsumsi minuman atau makanan manis, gunakan Tropicana.

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.