Mengenal Tahap Perkembangan Anak Usia 3 tahun

Setiap anak yang tumbuh dan berkembang tentu memiliki capaian perkembangannya masing-masing. Sehingga dalam mendiidk anak, kita harus mengenal dengan baik tahap dan ciri-ciri perkembangannya tersebut untuk kemudian anda bisa memberikan didikan dan perhatian sesuai dengan tahap dan ciri-ciri perkembangan seusianya. Seperti misalnya anak berusia 3 tahun, tentu saja kita harus menyesuaikan cara mendidik anak usia 3 tahun yang sesuai dengan tahap perkembangannya. Langkah awal yang harus anda lakukan untuk memberikan didikan yang tepat pada anak 3 tahun ialah mengenal tahap perkembangannya.

cara mendidik anak usia 3 tahun

cara mendidik anak usia 3 tahun

Pada tahap perkembangan yang ideal, Anak dalam usia 3 tahun yang sehat, bergizi baik dan tumbuh di lingkungan yang baik akan dapat memiliki 1.000 trilyun sinapsis di otaknya. Walaupun aktivitas otak anak sudah tidak seaktif saat umur  dibawah 3 tahun. Akan tetapi, beberapa sinapsis pada usia 3 tahun ini akan menjadi semakin kuat terbentuk bila dijaga dengan baik, dan bila tidak dijaga dengan baik maka pada usia selanjutnya ada kemungkinan banyak sinapsis akan menghilang perlahan selama masa pertumbuhan anak.

Semakin bertambahnya usia biasanya perkembangan sinapsis anak akan semakin berkurang saja. Anak umur 3 tahun memiliki energi yang melimpah dan rasa ingin tahu yang sangat besar. Sehingga hal tersebut harus direspon dengan baik oleh orang tua, hal tersebut dilakukan sebagai cara mendidik anak usia 3 tahun dengan baik baik.

Sebagaimana yang disampaikan diatas bahwa proses penguatan sinapsis pada otak ditentukan pada usia ini, maka sebagai orang tua anda harus membiasakan banyak hal untuk menstimulus perkembangan otan anak, hal tersebut bisa jadi petunuk untuk menemukan cara mendidik anak usia 3 tahun ini. Sebagai salah satu contoh, anda membiasakan berbagai komunikasi seperti membacakan cerita, mengajarkan menngingat sesuatu, menanamkan semangat belajar melalui berbagai permainan, dan lain-lain. Untuk semakin meningkatkan perkembangan otak juga, anda bisa memberikan susu Dancow. Kandungan AHA dan DHA ini dapat membantu meningkatkan dan menjaga perkembangan otak anda.

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.