3 Persiapan Bagi Ibu Yang Mengandung Bayi Kembar

Saat mengetahui anda sedang mengandung bayi kembar, tentu anda akan merasakan kebahagiaan tersendiri karena anda akan memiliki dua bayi atau lebih hanya dalam satu kali fase kehamilan saja. Namun di sisi lain, biasanya wanita yang mengandung bayi kembar juga mempunyai rasa khawatir yang lebih dari kehamilan pada umumnya. Namun setiap anak merupakan anugrah sang pencipta sehingga kita tidak usah khawatir atau bahkan menolak dengan kehamilan kembar siam. Maka dari itu agar kehamilan bisa berjalan dengan lancar, maka kita harus melakukan berbagai persiapan yang lebih baik agar bisa meminimalisir resiko yang mungkin saja akan terjadi seperti hal nya pernah di bahas pada yang harus di ketahui saat hamil kembar di lactamil.co.id.

Persiapan Saat Mengetahui Ibu Hamil Kembar

Beberapa persiapan yang dapat dilakukan oleh ibu yang sedang hamil kembar diantaranya adalah:

Mencukupi asupan nutrisi

Nutrisi yang cukup memang sangat dibutuhkan bagi ibu yang sedang hamil terutama hamil kembar, agar sang ibu dan juga janin yang didalam kandungan tetap sehat. Salah satu masalah yang sering terjadi pada kehamilan kembar adalah bayi lahir dengan berat badan yang rendah. Maka dari itu, asuapan makanan yang sehat dan bergizi dengan diet seimbang akan menurunkan resiko terkena komplikasi. Saat hamil, anda memerlukan kalori tambahan sebanyak 300-500 per hari dengan didampingi variasi makanan yang seimbang. Beberapa makanan yang baik dikonsumsi oleh ibu yang mengandung bayi kembar diantaranya susu, telur, kacang-kacangan, bayam, keju, sereal, selai kacang dan masih banyak lagi.

Lakukan pemeriksaan Antenatal secara teratur

Setiap kehamilan terutama kehamilan kembar sebaiknya lakukan pemeriksaan antenatalcare secara teratur, agar kondisi kesehatan ibu dan juga janin dapat terpantau. Melakukan antenatalcare secara teratur dapat menurunkan resiko terjadinya komplikasi yang berhubungan dengan kehamilan bayi kembar.

Istirahat yang cukup

Saat mengandung bayi kembar, sang ibu memerlukan istirahat dua kali lebih banyak. Ini dikarenakan tubuh ibu akan bekerja dua kali lebih keras, dan istirahat yang cukup merupakan salah satu cara untuk menjaga kondisi sang ibu dan juga janinnya. Bila anda bekerja setiap harinya, biasanya anda disarankan untuk cuti dari pekerjaan anda. Selain itu, anda juga tidak boleh melakukan aktivitas yang membutuhkan tenaga besar.

Nutrisi Penting yang harus di Penuhi oleh Ibu Hamil Kembar

Sebagian wanita memiliki perasaan yang aneh saat hamil anak kembar, di mana perasaan aneh yang didasari oleh peningkatan berat badan yang jauh lebih tinggi di pertengahan masa kehamilan hingga menjelang persalinan, turut diikuti oleh pergerakan yang tidak hanya satu gerakan saja, melainkan ada pergerakan lainnya yang dirasakan dan berasal dari janin yang kembar. Kehamilan kembar dapat menimbulkan adanya ruang yang tidak proposional di dalam perut, sehingga menyebabkan hanya terdapat sedikit ruang untuk ekspansi perut yang dapat mempengaruhi usus di mana ruang geraknya terlalu sempit. hal tersebut dapat menyebabkan terjadinya sembelit dan kurangnya nafsu makan pada ibu hamil kembar, sehingga diperlukan nutrisi yang lengkap agar nafsu makan Ibu hamil tidak berkurang bahkan hilang.

Itulah mengapa bahwa bayi kembar cenderung memiliki berat badan yang rendah, dikarenakan mereka harus berbagi nutrisi yang berasal dari makanan serta minuman yang dikonsumsi oleh Ibunya. maka dari itu menjaga kesehatan ibu hamil kembar sangatlah penting untuk kesehatan janin kembar, dan salah satu hal yang harus dipenuhi adalah kecukupan nutrisi penting yang harus dikonsumsi oleh Ibu hamil kembar di antaranya.

  • Untuk mendapatkan berat badan bayi yang optimal, maka Ibu hamil kembar diharuskan memenuhi asupan kalori dengan jumlah cukup sejak trimester kedua dan seterusnya sampai trimester ketiga pada masa kehamilan. Kecukupan jumlah kalori yang dapat anda konsumsi adalah 600 kalori tambahan sebagai pelengkap asupan jumlah kalori normal setiap harinya.
  • Pada umumnya Ibu hamil anak tunggal membutuhkan asupan protein sekitar 60 gram setiap harinya, namun berbeda dengan Ibu yang sedang hamil anak kembar diperlukan peningkatan jumlah protein yang harus dikonsumsi, karena protein sangat membantu pertumbuhan bayi kembar di dalam perut dengan baik.
  • Penuhi kecukupan kalsium setiap harinya bagi Ibu hamil kembar, kandungan kalsium yang baik untuk pertumbuhan tulang bayi adalah susu Lactamil yang memiliki kandungan kalsium yang dapat membantu pertumbuhan tulang janin secara maksimal.
  • Tingkatkan konsumsi makanan dengan kandungan zat besi untuk menghindari anemia pada masa kehamilan kembar, anemia dapat disebabkan dari kurangnya sel sel darah merah yang telah diencerkan oleh peningkatan volume darah.

Itulah beberapa persiapan yang bisa dilakukan oleh ibu yang sedang mengandung bayi kembar. Dengan begitu, kesehatan sang ibu dan juga janin di dalam kandungan dapat terhindar dari resiko yang mungkin saja terjadi. Semoga bermanfaat!

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.