Yakin Masih Mau Jadi Pilot? Ini Biayanya

Pilot, profesi yang satu ini memang memikat banyak orang karena bisa mendapatkan penghasilan tinggi. Tapi sebelum mendaftar di sekolah pilot, Anda perlu tahu dahulu seberapa banyak biaya jadi pilot. Kenapa ? karena jalan yang ditempuh untuk menjadi pilot tidak mudah.

Ada banyak tahapan yang harus dilalui dan seseorang wajib mendapatkan lisensi agar diizinkan menerbangkan pesawat terbang. Biaya belajar di sekolah penerbangan bisa mencapai ratusan juta rupiah dan bila memilih bersekolah di luar negeri maka perlu diperhitungkan pula biaya hidup selama bersekolah di negara tersebut.

Meski biaya jadi pilot besar namun minat orang-orang yang ingin berkarir di industri penerbangan tidak berkurang meski tidak sebanyak profesi lain.

Kenapa demikian ? Padahal sudah kita ketahui biaya untuk ikut pelatihan penerbangan tidak murah.

Adalah stereotip masyarakat bahwa profesi pilot dicitrakan dengan gaya hidup mewah, bisa berkeliling dunia, memiliki penghasilan tinggi, dan lain sebagainya. Namun kenyataan bisa berbeda dengan apa yang dipikirkan orang.

Beban besar dan tekanan pekerjaan akan selalu mewarnai kehidupan seorang pilot. Pekerjaan seorang pilot adalah menerbangkan pesawat terbang dengan selalu penuh konsentrasi. Tidak ada tempat untuk kesalahan. Bila tidak fokus saat mengemudikan pesawat terbang maka akan berakibat fatal, baik bagi penumpang maupun pilot itu sendiri.

Bila dijalankan dengan penuh dedikasi dan kemauan keras, cita-cita menjadi pilot bukan hal mustahil.

Gambaran Seberapa Besar Biaya Jadi Pilot

Biaya yang dibutuhkan berkisar $ 30.000 - $ 80.000 dan bila dikonversi ke rupiah, mencapai ratusan juta.

Untuk menjadi pilot dibutuhkan biaya yang tidak sedikit. Kemauan keras saja belum cukup tapi harus memperhitungkan biaya yang akan dikeluarkan. Seberapa banyak sebetulnya biaya yang dibutuhkan ?

Jawabannya adalah tergantung pilihan Anda dalam mengambil lisensi,  apakah akan menjadi pilot pesawat berukuran kecil atau nantinya akan berkarir di sebuah maskapai penerbangan besar.

Hal ini harus diperhitungkan agar pada saat menjalani pendidikan tidak mengalami kendala keuangan. Oleh karena itu, bila Anda memang bercita-cita menjadi pilot maka harus rajin menabung sejak dini.

Namun untuk dijadikan gambaran, ada beberapa hal yang bisa menjadi ukuran, berdasarkan situs Pilot Tricks, perkiraan biaya dalam dollar Amerika. Kenapa dalam dollar ? Karena mata uang ini telah lama menjadi alat transaksi dunia.

  • Biaya untuk pelatihan penerbangan.

Bila ingin menjadi pilot tentu harus bersekolah di sekolah penerbangan. Biaya yang dibutuhkan berkisar $ 30.000 - $ 80.000 dan bila dikonversi ke rupiah mencapai ratusan juta.

Untuk di luar negeri, biaya yang dibutuhkan untuk menempuh pendidikan di sekolah penerbangan berkisar antara ribuan hingga puluhan ribu dollar. Bila dikonversikan ke rupiah diperkirakan bisa mencapai ratusan juta rupiah. Biaya sekolah pilot di Indonesia juga mencapai ratusan juta rupiah.

Perbedaannya murid tidak perlu beradaptasi lagi dengan kebudayaan setempat dan biaya hidup selama menempuh pendidikan pun tidak sebesar dibandingkan luar negeri.

Perlu diingat bahwa besaran biaya tersebut hanya untuk menempuh pendidikan pilot saja.

  • Biaya untuk gelar pendidikan.

Calon pilot juga harus pernah mengenyam pendidikan umum pula. Di dunia kerja saat ini, hampir semua profesi di sebuah perusahaan mensyaratkan pendidikan dalam proses perekrutan tenaga kerja. Begitu juga pilot. Maskapai penerbangan besar dalam merekrut pilot akan memberlakukan penyaringan ketat. Pendidikan telah menjadi syarat mutlak.

Biaya untuk memperoleh gelar pendidikan bisa berbeda-beda. Untuk di Indonesia bisa berkisar dari puluhan juta hingga ratusan juta sedangkan luar negeri bisa mencapai ratusan juta.

  • Tahap membangun karir sebagai pilot.

Untuk berkarir di dunia penerbangan, seorang pilot membutuhkan waktu lebih dari 250 jam terbang. Agar mencapai jam terbang yang dibutuhkan maka seseorang perlu berusaha mendapatkan segala sertifikat untuk menjadi pilot, baik pesawat kargo, pesawat komersial, atau pesawat perusahaan. Biaya yang dikeluarkan untuk tahap ini bisa berkisar dari $0 - $50.000.

Biaya jadi pilot memang mahal karena menjadi seorang penerbang butuh keahlian tinggi sehingga biasanya mereka menggunakan simulator dan pesawat terbang untuk berlatih. Meskipun mendaftar di sekolah pilot murah, tetap saja “murah” disini berkisar di angka jutaan rupiah, baik sekolah pilot di Indonesia maupun luar negeri.

Namun, bagaimana jika seseorang hanya ingin mempelajari teori-teori penerbangan di Indonesia dan memiliki biaya untuk menyelesaikannya pada sekolah penerbangan di luar negeri ? Apakah bisa ?

Jawabannya bisa. Aviasi 28 - Flying and Aviation School hadir di Indonesia untuk membantu para calon pilot menguasai dasar-dasar penerbangan sehingga di saat melanjutkan ke flying school di luar negeri akan terasa mudah.

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.