Waktu-Waktu Mustajab Untuk Berdoa
Setiap hamba yang beriman pasti ingin segala yang menjadi harapan dan doanya dikabulkan oleh Allah Swt, bahkan mereka yang dalam ibadahnya jarangpun pasti ingin agar doanya dikabulkan. Allah pasti akan mengabulkan doa setiap hamba yang memohon kepada-Nya, dan selama nyawa masih berada di badan maka setiap hamba dipersilahkan untuk berdoa kepada-Nya. Oleh karena itu setiap waktu kita dapat digunakan untuk berdoa kepada Allah. Namun diantara saat-saat yang diperbolehkan untuk berdoa, terdapat waktu-waktu mustajab untuk berdoa yang Allah sediakan bagi umatnya untuk memohon kepada-Nya. Waktu yang dimana doa antara seorang hamba dengan tuhan-Nya tiada penghalang. Diantara waktu-waktu mustajab tersebut yaitu:
  1. Disaat sujud terakhir dalam shalat. Shalat merupakan mi’rajnya seorang muslim dimana ini adalah saat dimana seorang hamba sangat dekat dengan tuhannya. Rasulullah Saw bersabda, “Saat yang paling dekat antara seorang hamba dengan Rabbnya adalah ketika dia sedang sujud, maka perbanyaklah doa (dalam sujud kalian)”.(HR.Muslim).  Yang harus dipahami disini ketika sujud dan berdoa, maka doa yang diungkapkan cukup di dalam hati dan yang intinya saja. Jangan sampai doa ini diucapkan dalam lisan karena dapat membatalkan shalat.
  2. Di waktu tengah malam. Malam hari adalah waktu yang sepi dimana semua orang sedang terlelapnya dalam tidur, sehingga bagi orang yang dapat bangun tengah malam (terutama sepertiga malam terakhir)dan ia shalat dan berdoa kepada Allah Swt maka doanya menjadi doa utama dan Allah akan mengabulkannya. Rasulullah Saw bersabda, “Rabb kita (Allah Swt) turun ke langit pada sepertiga malam terakhir seraya berfirman, “Barangsiapa yang berdoa kepada-Ku saat ini niscaya Aku akan memperkenankannya, barangsiapa yang meminta kepada-Ku niscaya Aku akan memberikan-Nya, barangsiapa yang meminta ampun kepada-Ku, niscaya Aku akan mengampuninya”. (HR. Bukhari)
  3. Waktu diantara adzan dan iqamah. Adzan dan iqamah adalah waktu lima kali sehari kita alami. Namun sedikit dari kita yang memaksimalkan waktu tersebut. padahal waktu itu adalah salah satu waktu terbaik untuk berdoa. Sabda Rasulullah Saw, “Doa yang dipanjatkan antara adzan dan iqamah tidak akan ditolak, maka berdoalah”. (HR. Abu Dawud)
  4. Saat hujan turun. Turunnya keberkahan adalah suatu keberkahan, dimana suburnya lahan, tumbuhnya tanaman dan hal lainnya yang berguna. Selain hal tersebut tadi turunnya hujan juga merupakan saat yang mustajab untuk berdoa kepada Allah Swt. Sabda Rasulullah Saw, “Dua waktu yang padanya sebuah permohonan (doa) tidak akan ditolak oleh Allah, doa ketika dikumandangkan adzan dan doa ketika turun hujan”. (HR. Hakim)
  5. Setelah waktu ashar pada hari jum’at. Hari jum’at adalah hari yang mulia bagi umat islam karena merupakan Sayyidul Ayyam (rajanya hari). Hari ini pun merupakan hari mustajab untuk berdoa terutama setelah selasai shalat ashar. Sabda Rasulullah Saw, yang intinya pada hari jum’at ada saat waktu yang sebentar namun Allah mengabulkan setiap doa hamba-Nya, dan waktu itu adalah setelah shalat ashar.
Wallahu ‘Alam

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.