TIPS MERANGSANG PENGLIHATAN DAN PENDENGARAN BAYI

Adalah sebuah hadiah yang sangat luar biasa ketika Tuhan telah mempercayakan kita untuk memiliki seorang bayi. Untuk itu, tugas kita adalah merawat, menjaga, dan mendidiknya agar tumbuh menjadi anak yang cinta pada Tuhannya, cinta orang tuanya, cerdas, sehat, dan segala hal yang terbaik untuknya. Namun, untuk mewujudkannya kita butuh usaha dan cara yang benar agar anak tumbuh sesuai dengan harapan. Sejak ia bayi, ia harus mendapat perlakukan untuk memancing stimulasi perkembangan bayi bahkan lakukan rangsangan sejak bayi masih berada dalam kandungan. Sebagai contoh, sering mengajak bayi berkomunikasi dan memperdengarkan musik adalah stimulasi sederhana yang bisa dilakukan untuk janin dalam kandungan. Kemudian, tetap lakukan rangsangan saat bayi sudah lahir agar ia terus berkembang.

Agar bayi terus mengalami perkembangan yang baik, anda bisa memberikan stimulasi perkembangan bayi untuk indra penglihatan dan pendengaran mereka. ini adalah dua hal yang cukup penting sebelum bayi mulai bergerak lebih aktif dan bersikap lebih banyak lagi. Adapun, tips merangsang penglihatan bayi dan pendengarannya adalah sebagai berikut:

  1. Untuk merangsang penglihatan bayi anda bisa menggantungkan benda berwarna warni diatas bayi. Mainan ini bisa anda temukan dengan mudah. Biasanya, mainan ini akan bergerak dan berputar sehingg bayi bisa mengikuti gerakannya. Ada pula mainan yang dilengkapi dengan suara sehingga bukan hanya membantu untuk merangsang penglihatan bayi tetapi juga merangsang pendengaran bayi.
  2. ambillah sebuah benda dengan warna yang mencolok kemudia gerakkan ke kiri dan kekanan hingga atas dan bawah sambil mengajak bayi untuk berbicara. Anda juga bisa membuat desain kamar bayi dengan aneka warna warni agar bayi bisa melihat perbedaan warna warna mencolok tersebut.
  3. sering perdengarkan musik untuk melatih pendengaran mereka. namun, jangan menaruh suara musik sangat dekat dengan telinga mereka, karena itu bisa merusak gendang telinga mereka.
  4. anda juga bisa terus mengajak bayi berbicara dan bicaralah dengan lantang serta dengan penuh ekspresi. Rangsangan ini bukan hanya baik untuk pendengaran anak anada tetapi juga baik untuk merangsang indra pengecap mereka sehingga anak akan terangsang untuk berbicara.

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.