Penyebab Penyakit Kolera

Kolera adalah salah penyakit yang diakibatkan oleh bakteri yang menyebar melalui air yang tercemar olehnya. Penyakit ini dapat menyebabkan penderitanya mengalami diare yang sangat parah dan tentu saja berakhir pada dehidrasi atau kekurangan cairan. Penyakit ini juga sangat berbahaya jika tidak segera diatasi karena hanya membutuhkan waktu 60 menit saja untuk menjadikannya kedalam kondisi yang serius. Seperti yang telah disebutkan diatas penyebab penyakit ini adalah bakteri,  yang lebih tepatnya bernama Vibrio cholerae.

Tidak semua orang yang menderita kolera mengalami gejala, sehingga ia tidak menyadari bahwa ia telah diinfeksi oleh Vibrio cholerae yang menjadi penyebab penyakit ini. Walaupun demikian para penderitanya masih dapat menularkan bakteri penyakit tersebut kepada orang lain melalui air yang telah tercemar bakteri tersebut yang berada pada tinja si penderita yang bertahan selama satu  hingga dua minggu. Ketika seseorang mengidap penyakit ini maka selang beberapa jam orang tersebut akan mengalami dehidrasi, dan akan lebih cepat lagi jika ia juga mengalami diare yang mampu menghilangkan cairan dari dalam tubuh sebanyak satu liter per jamnya. Dehidrasi akan menjadi parah ketika orang tersebut telah kehilangan cairan lebih dari sepuluh persen dari berat tubuhnya.  Selain itu, muncul diare pada seseorang yang terjangkit penyakit ini juga muncul secara tiba-tiba dan disertai dengan rasa mual dan muntah.

Untuk membedakan dehidrasi yang disebabkan oleh kolera anda bisa melihat beragam faktor seperti gangguan pada irama jantung, mudah marah, merasa sangat haus dan mulut menjadi kering, kulit mengkerut dan kering, dan air seni yang keluar hanya sedikit bahkan hingga tidak keluar sama sekali. Untuk mencegah penyakit ini maka anda dan keluarga harus menerapkan pola hidup sehat, seperti tidak membeli makanan secara sembarangan contohnya di pedagang pinggir jalan, memasak makanan  sendiri hingga benar-benar matang, jangan mengkonsumsi makanan seafood ataupun semua yang berhubungan dengan ikan tanpa dimasak terlebih dahulu, selalu bawa hand sanitizer Lifebuoy untuk mencuci tangan jika tidak ada air dan sabun di sekitar anda dan pastikan anda meminum air yang telah dimasak sebelumnya  ataupun anda bisa membeli air kemasan.

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.