Waktu Mustajab Untuk Berdoa
Doa adalah senjata bagi seorang muslim dalam meraih apa yang diharapkan, di dalam doa terdapat harapan, penyerahan diri, pengagungan dan semangat yang kuat dalam usaha dan penyerahan atas suatu usaha yang dilakukan. Kata doa menurut bahasa arab berasal dari kata "ad-du'aa" yang berarti memanggil, meminta bantuan atau memohon sesuatu. Sedangkan doa menurut Islam yaitu memohon sesuatu atau perlindungan kepada Allah dengan merendahkan diri dan tunduk kepada-Nya. Doa adalah ibadah dan boleh dilakukan kapan dan dimanapun seorang muslim berada, namun Allah Swt telah memberikan waktu istimewa untuk memohon kepada-Nya, waktu yang di dalamnya tidak ada lagi penghalang antara seorang hamba dengan tuhannya. Diantara waktu-waktu mustajab untuk berdoa yang telah Allah Swt berikan kepada hamba-Nya, yaitu :
  1. Waktu tengah malam atau sepertiga akhir malam. Dikala malam hari keadaan seorang hamba biasanya dalam keadaan santai, suasananya pun tenang, sehingga tatkala ia berdoa maka doa yang diungkapkannya pun keluar dalam sanubarinya yang ikhlas. Hal ini pun sesuai dengan Hadits dari Abu Umamah ra, ia berkata”rasul Saw ditanya oleh sahabat tentang doa yang lebih didengar oleh Allah Swt, Rasul Saw menjawab, “yaitu pada waktu tengah malam yang terakhir dan sesudah shalat fardhu.” (HR At-Turmudzi)
  2. Hari jum’at, bagi seorang muslim hari jumat adalah hari istimewa karena merupakan Sayyidul Ayyam (rajanya hari) pada hari ini pun ada ibadah semingu sekali. Sehingga sangat dianjurkan berdoa pada hari ini terutama pada waktu ibadah jum’at ketika khatib duduk dalam khutbah keduanya.
  3. Antara Adzan dan Iqamah, dalam sehari semalam kita mendengarkan lima kali adzan dan iqamat dikumandangkan, namun hanya sedikit orang yang memanfaatkan waktu ini untuk berdoa. Padahal waktu ini adalah waktu istimewa untuk berdoa yaitu antara adzan dan iqamatnya seorang muadzin (orang yang adzan).
  4. Ketika sedang berpuasa. Ibadah puasa termasuk kepada ibadah yang dianjurkan karena termasuk rukun islam yang ke empat. Di dalam puasa pun terdapat hal istimewa yaitu dijabah doanya.

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.