Keistimewaan Shalat Malam
Sudah menjadi rahasia umum bagi setiap hamba  yang bertakwa tentang keistimewaan-keistimewaan yang Allah berikan bagi mereka yang istiqamah dalam menjalankan shalat malam. Shalat malam/tahajud adalah shalat yang di dalamnya terkandung berbagai keistimewaan  yang tidak ada pada shalat sunah yang lainnya, sehingga untuk memperolehnya diperlukan usaha yang cukup keras, karena berbagai godaan datang silih berganti kepada mereka yang melaksanakannya. Selain waktunya yang jatuh kepada waktu yang lagi nyaman-nyamannya kita istirahat, terkadang rasa malas dan kebiasaan kita pun menjadi penghalang kita untuk melaksanakan shalat malam. Untuk itu perlu ada cara agar kebiasaan yang baik ini dapat terlaksana dengan baik. Berikut adalah beberapa cara yang dapat ditempuh untuk kita dapat membiasakan diri melaksanakan shalat malam.
  1. Membiasakan tidur awal waktu, jangan pernah membiasakan diri untuk bergadang jika kita ingin terbiasa untuk dapat shalat malam. Karena dengan bergadang apalagi yang tidak penting selain menggangu kesehatan juga akan membuat kita susah untuk bangun pada waktu utama untuk shalat malam.
  2. Membiasakan adab-adab sebelum tidur, seperti berwudhu, berdzikir, dan berdoa. Dengan mengamalkan hal ini maka akan mempermudah kita ketika bangun pada waktu malam istimewa untuk shalat.
  3. Membulatkan tekad yang kuat dan mengsugestikan diri untuk dapat bangun malam dengan mudah. Agar tertanam dalam otak kita keyakinan yang kuat bahwa kita mampu untuk bangun pada malam hari.
  4. Memasang jam alarm untuk bangun atau apa saja yang dapat membuat kita dapat bangun di waktu shalat malam. Namun biasakan untuk menyimpannya ditempat yang agak jauh dari kita, sehingga ketika berbunyi kita harus bangkit dari tempat tidur.
  5. Menghindari perbuatan maksiat, karena dengan kita berbuat maksiat maka itu akan memperlemah keimanan dan ibadah kita. Ketika banyaknya maksiat walau pun itu dosa yang kecil dilakukan, maka akan meninggalkan bekas di hati yang lama-kelamaan jika dibiarkan akan t mengkarat dan seolah-olah dosa kecil tersebut tidak apa-apa.
Mudah-mudahan kita diberi kemudahan oleh Allah untuk melaksanakan shalat malam yang mulia. Aamiin

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.