Persaingan Sengit 4 Online Travel Agent, Mana yang Berani Kasih Harga Paling Murah?
Apa hal menyenangkan dari traveling selain mengunjungi berbagai tempat wisata menarik? Jawabannya bisa jadi adalah mendapatkan tempat menginap dengan harga yang ramah di kantong. Nggak mau dong, sudah mengeluarkan biaya lebih untuk tiket pesawat, eh masih harus menyisihkan banyak uang untuk keperluan menginap. Masalah harga ini sebenarnya lumayan teratasi dengan persaingan banyak online travel agent (OTA) yang berlomba memberikan harga terbaik untuk konsumennya. Tapi yang namanya bersaing, idealnya akan ada satu yang menawarkan harga paling miring dan ramah di kantong. Untuk itu, saya melakukan riset kecil-kecilan dengan membandingkan harga sebuah kamar hotel di empat OTA, yaitu Tiket.com, Goindonesia.com, Traveloka.com dan Nusatrip.com. Sedangkan untuk kota tujuan, saya memilih kota Surabaya yang merupakan salah satu destinasi traveling favorit di Indonesia. Selanjutnya, hotel yang saya pilih adalah Ibis Surabaya City Center yang memiliki lokasi strategis di tengah kota, tepatnya di Jalan Basuki Rahmat. Sebelumnya, saya harus menyamakan detail pemesanan agar adil bagi keempat OTA. Saya memilih kamar tipe Standard dengan satu double bed yang memuat dua tamu untuk periode inap 17-18 Oktober 2015. Satu lagi, saya sengaja pilih kamar yang non refundable, kenapa? Kan cuma buat riset doang. Berhubung saya tidak akan menyelesaikan sampai tahap pembayaran, jadi tidak perlu khawatir masalah refund ini. Nah, kira-kira OTA manakah yang berani menawarkan harga termurah untuk hotel ini? Mari simak hasil riset kecil-kecilan ini: Goindonesia.com OTA pertama yang saya coba adalah Goindonesia.com. Penasaran berapa harga kamar yang ditawarkan? Ini dia:
Harga awal kamar tipe Standard di GoIndonesia.com

Harga awal kamar tipe Standard di GoIndonesia.com

Harga kamar yang ditawarkan Goindonesia.com adalah Rp438.000. Tak berhenti di situ, saya lanjutkan sampai ke tahap pengisian formulir pembayaran. Tapi lihat apa yang saya temukan:
Rincian tarif kamar menunjukkan harga akhir yang berbeda

Rincian tarif kamar menunjukkan harga akhir yang berbeda

Lho, kok harganya membengkak? Dari harga awal sejumlah Rp438.000, mendadak berubah menjadi Rp529.980. Ternyata harga yang ditampilkan di awal itu belum termasuk pajak dan biaya layanan, oalah! Nusatrip.com Berharap kejadian yang sama tidak terulang lagi untuk kedua kalinya, saya coba cari hotel yang sama di sini. Ini dia yang saya temukan:
Tampilan harga awal kamar di Nusatrip.com

Tampilan harga awal kamar di Nusatrip.com

Wah, sudah ada informasi di awal bahwa harga Rp479.080 ini termasuk pajak. Hmm, menarik nih. Tapi saya masih penasaran apakah jumlah tersebut benar-benar harga akhir yang harus dibayar nantinya. Oke, saya coba sampai mengisi formulir pembayaran dulu deh.
Rincian tarif kamar, tak ada biaya lain-lain

Rincian tarif kamar, tak ada biaya lain-lain

Nusatrip tidak bohong. Harga yang ditampilkan di awal tidak berubah sampai tahap pengisian formulir pembayaran, yaitu Rp 479.080. Baru selesai dengan dua OTA, hasil yang didapatkan sudah sangat berbeda. Goindonesia.com hanya tampak murah di awal, sedangkan Nusatrip sudah menampilkan harga final sejak awal. Kira-kira bagaimana dengan dua OTA lainnya? Tiket.com Setelah mendapatkan harga final di awal di Nusatrip, saya jadi makin penasaran. Apakah Tiket.com akan lebih baik atau malah mengecewakan? Ini harga awal yang saya dapatkan:
Tampilan harga awal hotel di Tiket.com

Tampilan harga awal hotel di Tiket.com

Dan ini harganya saat masuk ke tahap pembayaran:
Rincian tarif ini menunjukkan harga tak berubah

Rincian tarif ini menunjukkan harga tak berubah

Ternyata Tiket.com memenuhi ekspektasi saya, harga final sudah ditampilkan di awal sejumlah Rp448.838 dan tidak berubah sampai akhir. Menariknya lagi, harga yang ditawarkan bisa lebih murah dari Nusatrip. Duh, semakin ke sini, OTA yang saya jadikan variabel riset semakin memberikan harga yang menarik. Hmm, tinggal satu lagi OTA yang belum dicoba nih. Apakah Traveloka berani lebih murah atau malah ini jadi anti klimaks? Langsung lihat saja hasilnya, ya.   Traveloka.com Apakah Traveloka.com berani memberi harga yang tak hanya murah di awal? Sejauh ini, Tiket.com memimpin dengan harga termurah yang nominalnya persis sama yaitu Rp448.838. Mari kita lihat bersama, ini harga awal yang ditawarkan oleh Traveloka:
Tampilan harga awal di Traveloka

Tampilan harga awal di Traveloka

Hanya Rp444.411. Wah, ini sih yang paling murah dari tiga OTA sebelumnya! Tapi apa benar harganya tak berubah di akhir? Jangan-jangan cuma murah di awal saja. Saya coba sampai ke tahap pengisian formulir pembayaran dan jeng jeng... inilah yang saya dapatkan:
Rincian tarif kamar hotel, ternyata benar sudah harga final

Rincian tarif kamar hotel, ternyata benar sudah harga final

Serius? Sudah pasang harga murah di awal, tak diubah sampai akhir? Jelas sudah, Traveloka.com jadi OTA yang memimpin di riset sederhana saya ini. Harganya dari awal sampai akhir tak berubah, tetap Rp444.411. Traveloka bahkan menampilkan rincian harganya dengan detail dan jelas. Harga Rp444.411 itu sudah termasuk pajak dan biaya layanan. Kok bisa lebih murah dari empat OTA sebelumnya? Jawabannya adalah karena tidak ada biaya transaksi atau yang pada gambar tertulis “Traveloka Fee”. Asyik! Saya jadi ingat beberapa kali sempat melihat slogan “harga jujur” pada tiap promosi Traveloka yang tayang di TV atau tersebar di media sosial. Yah, setidaknya sekarang saya percaya kalau slogan itu bukan bualan doang. Sudah harganya jujur dari awal, murah pula! Jadi tahu kan mana yang murahnya beneran dan mana yang cuma ngomong doang? Riset ini saya lakukan secara acak dan buat kamu yang ingin membuktikan mana OTA yang benar-benar berani kasih harga paling murah, silakan melakukan riset serupa. Kalau saya sih, sudah tahu bakal pesan kamar hotel di mana nantinya. Semoga riset ini bisa membantu kamu-kamu yang sedang bingung cari hotel untuk liburan, ya!

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.